Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII B SMPN 9 Malang / M. Idhar Pringgodigdo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII B SMPN 9 Malang / M. Idhar Pringgodigdo

Pringgodigdo, M. Idhar (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII B SMPN 9 Malang / M. Idhar Pringgodigdo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbering Questioning yaitu pemberian pertanyaan yang dikemas dalam bentuk LKS 3) Heads together yaitu mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan teman kelompoknya dalam mengerjakan LKS 4) Answering yaitu memilih siswa secara acak baik nomor maupun kelompoknya untuk memberikan jawaban atas tiap-tiap pertanyaan dalam LKS dan siswa dengan nomor yang sama diwajibkan untuk memberikan tanggapan. Pada penelitian ini hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 64 10% menjadi 87 18% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 9 Malang. yaitu membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen kemampuan akademik dan jenis kelaminnya kemudian setiap kelompok diberikan nomor sesuai jumlah anggota kelompoknya sehingga setiap anggota kelompok mendapat nomor yang berbeda 2) model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar siswa Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 8 Februari 2011 dengan guru Matematika SMPN 9 Malang kelas VIII B diketahui bahwa pembelajaran cenderung menggunakan ceramah Tanya jawab dan pemberian tugas. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi pasif dalam belajar yang berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada semester ganjil 2010/2011 rata-rata nilai ulangan harian siswa hanya mencapai 59 3 dan rata-rata UASnya hanya mencapai 57 5. Setelah dilakukannya analisis ternyata masalah yang terjadi disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa bisa lebih maksimal. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Malang dengan subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII B SMPN 9 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu 1)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item