Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk memahamkan siswa pada materi segiempat kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari / Nur Yuli Asih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk memahamkan siswa pada materi segiempat kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari / Nur Yuli Asih

Asih, Nur Yuli (2011) Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk memahamkan siswa pada materi segiempat kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari / Nur Yuli Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci open-ended open-ended yaitu metode yang menyajikan suatu permasalahan dengan penyelesaian yang tidak tunggal sehingga mengambangkan pola pikir siswa yang kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran openended dalam memahamkan siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Singosari pada materi segiempat. Pembelajaran open-ended pada materi segiempat melalui 3 tahap Pada tahap awal siswa (a) diberi informasi mengenai materi segiempat meliputi identifikasi sifat-sifat segiempat ditinjau dari sudut diagonal dan sisi-sisinya (b) dikelompokkan (c) diberi motivasi dengan cara memberitahukan kepada mereka bahwa diakhir tindakan mereka akan diberi hadiah dan penghargaan bagi kelompok dan siswa terbaik yang dipilih berdasarkan keaktifan dan skor tes. Pada tahap inti siswa (a) diberi soal-soal open-ended pada LKS untuk dikerjakan secara berkelompok (b) diberi waktu untuk mengerjakan LKS dan diskusi kelompok dan (c) diminta untuk melakukan diskusi kelas hingga membuat kesimpulan. Pada tahap selanjutnya dalam model pembelajaran open-ended adalah tahap akhir. Siswa bersama guru mengadakan refleksi dengan mengulang kembali materi segiempat dan membuat kesimpulan Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui open-ended dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan dapat memahamkan siswa didasarkan pada hasil penelusuran soal tes dan LKS. Ratarata hasil tes siklus I sebesar 74 35% dan siklus II sebesar 94 1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran matematika melalui open-ended dapat digunakan untuk memahamkan siswa pada materi segiempat. Open-Ended Memahamkan dan Segiempat matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia akan tetapi tidak sedikit siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Pemahaman siswa yang kurang dalam pembelajaran matematika disebabkan siswa tidak dapat mengembangkan pola berpikir kreatif . Tidak berkembangnya pola berpikir kreatif siswa karena guru memandang bahwa pembelajaran matematika sebagai suatu hasil atau produk bukan proses. sehingga mengakibatkan siswa tidak terlibat baik secara fisik (bekerja) maupun secara mental ( berpikir) dalam kegiatan pembelajaran. Tidak terlibatnya siswa dalam kegiatan pembeajaran menyebabkan siswa menjadi pasif dan cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu diperlukannya suatu metode pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item