Prototype media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis permainan simulasi materi aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Inggit Latih Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototype media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis permainan simulasi materi aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Inggit Latih Nilasari

Nilasari, Inggit Latih (2011) Prototype media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis permainan simulasi materi aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Inggit Latih Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prototype Aritmatika Sosial Media Pembelajaran Komputer Permainan Simulasi. Aritmatika Sosial adalah materi yang penting karena berhubungan dengan kegiatan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu materi Aritmatika Sosial merupakan materi yang seharusnya dalam penyampaian materi membutuhkan suatu simulasi agar siswa dapat memahaminya. Namun siswa pada umumnya dalam pembelajaran cenderung hanya dihadapkan pada suatu soal yang harus dikerjakan dengan suatu rumus tertentu. Dan ini tentunya membuat siswa bosan sehingga menjadi kurang memahami materi Aritmatika Sosial. Adanya simulasi materi Aritmatika Sosial dalam suatu pembelajaran juga terkadang kurang efektif hal ini dikarenakan siswa yang aktif belajar dalam simulasi akan memperoleh manfaat dari proses tersebut. Namun siswa yang pasif cenderung untuk tidak mau melakukan simulasi tersebut dan ini tentunya merugikan bagi beberapa siswa. Selain itu dalam mempersiapkan dan melakukan simulasi dalam pembelajaran membutuhkan waktu yang banyak. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya suatu media yang membantu siswa dalam mempelajari materi Aritmatika Sosial yaitu dengan menggunakan media berbantuan komputer. Penulis dalam pengembangan media ini menggunakan 10 langkah pengembangan media yang dikembangkan oleh Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip yaitu (1) Menentukan tujuan dan kebutuhan (2) Mengumpulkan bahan acuan (3) Mempelajari isi (4) Mengembangkan ide (brainstorming) (5) Mendesain pembelajaran (6) Membuat flowchart materi (7) Membuat Stroryboard (8) Memprogram materi (9) Membuat materi pendukung (10) Evaluasi dan revisi. Media pembelajaran berbantuan komputer ini digunakan oleh siswa secara individu. Media pembelajaran ini berisi materi latihan soal permainan simulasi (games) dan petunjuk penggunaan media. Permainan simulasi pada media ini memiliki tema Berburu Emas. Penulis memperoleh hasil rata-rata skor 7 59 untuk validasi kepada para ahli dan rata-rata skor 16 47 untuk validasi kepada pengguna media (siswa). Masing-masing rata-rata skor tersebut lebih besar dari skor netral dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini mendapatkan respon positif sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15413

Actions (login required)

View Item View Item