Diagnosis kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar / Lia Ardian Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar / Lia Ardian Sari

Sari, Lia Ardian (2011) Diagnosis kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar / Lia Ardian Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci diagnosis kesalahan siswa menyelesaikan masalah. Setiap kegiatan belajar tidak dapat lepas dari kesalahan-kesalahan tentang sesuatu yang sedang dipelajari. Dari kesalahan-kesalahan tersebut guru dapat mengambilnya sebagai bahan perbaikan pengajaran yang sedang dan akan dilakukan. Bagi peserta didik kesadaran terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukannya akan memacu baik reaksi secara internal berupa aktivitas mengkritik diri sendiri dan menghindari kesalahan yang sama pada kesempatan lain maupun reaksi secara eksternal berupa menerima kritik dari orang lain (misalnya guru ) berkaitan dengan kesalahan yang telah diperbuat. Data utama yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari hasil pelaksanaan tes tertulis tentang pokok-pokok bahasan faktorisasi bentuk alajabar. Data dari hasil tes tertulis adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar yang memuat kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Sedangkan data sekunder atau data pendukung yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil validasi soal tes diagnosis. Dari penelitian ini diperoleh hasil diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar meliputi kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan konseptual meliputi kesalahan dalam memahami sifat distributif bentuk aljabar kesalahan dalam memahami sifat perpangkatan pada bentuk aljabar kesalahan dalam memahami sifat subtitusi pada bentuk aljabar kesalahan memahami sifat pecahan berpangkat bentuk aljabar kesalahan dalam memahami sifat perpangkatan dua variabel kesalahan memahami konsep pecahan bentuk aljabar kesalahan memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan bentukaljabar kesalahan dalam memahami sifat operasi hitung bilangan serta kesalahan memahami konsep perkalian bentuk aljabar. Sedangkan kesalahan procedural meliputi kesalahan menuliskan soal dalam proses penyelesaian kesalahan tidak melanjutkan proses penyelesaian kesalahan dalam memahami dan mencermati maksud soal kesalahan dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan kesalahan dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian kesalahan tidak mampu memanipulasi langkah kesalahan karena mengambil kesimpulan tanpa didasari alasan dan kesalahan karena langkah penyelesaian tidak sistematis. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar dapat dilihat dari berbagai hal antara lain disebabkan ketidakcermatan dalam membaca ketidakcermatan dalam berpikir kelemahan dalam analisis masalah kekuranggigihan ketidakmampuan melihat masalah yang biasa dengan cara atau pendekatan yang baru atau tidak biasa salah pengertian dan kepercayaan diri yang rendah. Dari pihak guru dapat dinyatakan bahwa cara mengajar guru kurang mendukung pemahaman yang tuntas atas materi yang dipelajari guru kurang memberikan latihan dalam menyelesaikan masalah faktorisasi aljabar berupa soal cerita dan kurang memberikan latihan menyelesaikan masalah tidak rutin berkaitan dengan faktorisasi bentuk aljabar sehingga siswa tidak mampu memanipulasi langkah penyelesaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item