Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual pada materi permutasi dan kombinasi di rintisan sekolah menengah atas bertaraf internasional / Devi Swaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual pada materi permutasi dan kombinasi di rintisan sekolah menengah atas bertaraf internasional / Devi Swaningrum

Swaningrum, Devi (2011) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual pada materi permutasi dan kombinasi di rintisan sekolah menengah atas bertaraf internasional / Devi Swaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran permutasi kombinasi pendekatan kontekstual RSBI Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa SMA Negeri 1 Boyolangu kelas XI yang mengalami kesulitan dalam mempelajari permutasi dan kombinasi. Khususnya dalam membedakan masalah yang harus diselesaikan dengan permutasi dan yang harus diselesaikan dengan kombinasi. Hal tersebut diduga disebabkan oleh model pembelajaran yang masih menitikberatkan pada pendekatan komputasi. Seiring dengan semakin bertambahnya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan perkembangan fungsi komputer peneliti mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual pada materi permutasi dan kombinasi di Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (RSMABI). Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran permutasi dan kombinasi berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual yang efektif dan memiliki daya tarik serta (2) menghasilkan media pembelajaran permutasi dan kombinasi berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual yang efektif dan memiliki daya tarik. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan model pengembangan media Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) menentukan kebutuhan dan tujuan (2) mengumpulkan bahan acuan (3) mempelajari isi (4) membangkitkan ide (5) mendesain pembelajaran (6) membuat flowchart materi (7) membuat storyboard pada kertas (8) memprogram materi (9) membuat materi pendukung dan (10) mengevaluasi dan merevisi. Berdasarkan analisis data dari lembar validasi dan angket uji coba media pembelajaran dinyatakan sangat valid efektif memiliki daya tarik yang sangat tinggi dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian media pembelajaran yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi permutasi dan kombinasi di RSMABI. Namun demikian sebagai penyempurnaan media pembelajaran ada beberapa revisi yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kritik saran dan komentar yang diberikan oleh validator serta siswa. Sampai pada akhirnya dihasilkan produk akhir yang dikemas pada Compact Disc (CD) bersama dengan master aplikasi Macromedia Flash 8 dan dapat dijalankan pada komputer yang memiliki Random Access Memory (RAM) minimal 512 Mega Bytes (MB). Dengan demikian diharapkan media pembelajaran yang dihasilkan pada pengembangan ini dapat digunakan sebagai variasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).a

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item