Pengembangan media komputer interaktif sesuai standar kompetensi "menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah" untuk siswa SMA kelas XII / Eka Nurmala Sari Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komputer interaktif sesuai standar kompetensi "menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah" untuk siswa SMA kelas XII / Eka Nurmala Sari Agustina

Agustina, Eka Nurmala Sari (2011) Pengembangan media komputer interaktif sesuai standar kompetensi "menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah" untuk siswa SMA kelas XII / Eka Nurmala Sari Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Komputer Interaktif Barisan dan Deret Pemecahan Masalah SMA Kelas XII Pada tingkat SMA terdapat beberapa materi yang menurut siswa masih membingungkan bagi siswa. Salah satunya adalah barisan dan deret. Walaupun materi yang diajarkan terkesan mudah dan sederhana namun masih ada siswa yang mengalami kesulitan terutama dalam hal memodelkan dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan barisan dan deret. Kesulitan ini dikarenakan siswa masih bingung harus menggunakan rumus yang mana untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan barisan dan deret. Salah satu solusinya adalah mengembangkan media komputer interaktif yang membantu siswa untuk dapat memodelkan permasalahan yang terkait dengan barisan dan deret. Pembelajaran tentang pemodelan masalah barisan dan deret dilakukan agar siswa dapat menyelesaikan masalah yang muncul dengan tepat. Oleh karena itu skripsi ini bertujuan mengembangkan media komputer interaktif sesuai dengan standar kompetensi Menggunakan Konsep Barisan dan Deret dalam Pemecahan Masalah untuk Siswa SMA Kelas XII. Untuk mendapatkan media komputer interaktif yang diinginkan media ini dikembangkan dengan 10 tahapan yaitu 1) menentukan kebutuhan dan tujuan pengembangan program 2) mengumpulkan referensi 3) mempelajari materi 4) perancangan awal 5) perancangan dan pembuatan diagram alir program 6) perancangan dan pembuatan struktur program media interaktif 7) pembuatan storyboard program 8) pembuatan program media interaktif 9) membuat bahan pendukung dan 10) evaluasi dan revisi program. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh persentase 86 46% dan dari validasi pembelajaran berbantuan komputer (PBK) diperoleh persentase 90 625%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komputer interaktif yang dikembangkan masuk pada kriteria valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Selaian itu terdapat hasil uji coba prduk kepada pengguna diperoleh persentase 89% dan diperoleh kesimpulan bahwa media komputer interaktif ini menarik dan mudah digunakan baik dari segi materi ataupun pengoperasian program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item