Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XII IPA / Indri Dewi Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XII IPA / Indri Dewi Sri Wulandari

Wulandari, Indri Dewi Sri (2011) Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XII IPA / Indri Dewi Sri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci buku teks penyajian objek matematika perbaikan. Beberapa faktor yang menunjang suatu pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik adalah peserta didik pengajar serta sarana dan prasarana. Buku teks merupakan salah satu sarana untuk menunjang suatu pembelajaran. Buku teks dapat membantu siswa dalam proses belajar mandiri dalam proses tersebut siswa dituntut untuk dapat memahami suatu materi dengan baik. Dalam buku teks terdapat objek matematika yang berupa fakta konsep prinsip dan ketrampilan yang dapat diamati langsung dalam penyajian materi matematika. Oleh karena itu dalam proses belajar mandiri penyajian objek matematika yang baik dan benar diperlukan agar siswa dapat memahami suatu materi dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penyajian objek matematika yang ada pada buku teks matematika SMA kelas XII. Selain itu penelitian ini memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan tersebut agar dapat menjadi bahan revisi bagi penulis buku teks maupun bagi pembaca. Perbaikan dari masing-masing kesalahan yang ditemukan didasarkan pada buku Kalkulus (Purcell 2003) dan Elementary Linear Algebra (Anton 2005) serta berdasarkan pembuktian matematika. Buku teks yang dianalisis adalah buku teks matematika SMA kelas XII yaitu DP ER1 dan ER2. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) kesalahan penyajian fakta sebanyak 16 data 13 data dari buku DP 2 data dari buku ER1 dan 1 data dari buku ER2. 2) kesalahan penyajian konsep sebanyak 4 data 1 data dari buku DP 1 data dari buku ER1 dan 2 data dari buku ER2. 3) kesalahan penyajian prinsip sebanyak 8 data 5 data dari buku DP 2 data dari buku ER1 dan 1 data dari buku ER2. 4) kesalahan penyajian ketrampilan sebanyak 11 data 9 data dari buku DP 2 data dari buku ER1 dan tidak ditemukan kesalahan penyajian ketrampilan pada buku ER2. Total keseluruhan kesalahan yang ditemukan pada ketiga buku adalah sebanyak 39 data dengan perincian 28 data dari buku DP 7 data dari buku ER1 dan 4 data dari buku ER2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item