Penerapan pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Insan Amanah Malang / Marta Adiprayitno

Adiprayitno, Marta (2011) Penerapan pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Insan Amanah Malang / Marta Adiprayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Prestasi Belajar, Perkalian dan Pembagian bilangan cacah, Pembelajaran Problem Solving Berdasarkan hasil observasi peneliti pada bulan Juli-Agustus 2010, diketahui bahwa selama proses pembelajaran matematika di kelas III B SD Insan Amanah Malang, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Mereka hanya mendengar dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut disebabkan sebagian besar guru di SD Insan Amanah Malang menerapkan metode pembelajaran konvensional dalam setiap proses belajar mengajar. Sampai saat ini mereka belum menemukan suatu metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang umum terjadi pada siswa dalam rangka upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SD Insan Amanah Malang khususnya untuk materi perkalian dan pembagian bilangan cacah adalah menerapkan pembelajaran dengan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan problem solving model Polya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah pada siswa kelas III B SD Insan Amanah Malang tahun ajaran 2010/2011. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan memberikan masalah, memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana yang telah disusun , dan kemudian diakhiri dengan memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus belajar. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III B SD Insan Amanah Malang tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I presentase banyak siswa yang tuntas belajar pada materi perkalian adalah 56%, artinya pembelajaran belum berhasil karena belum mencapai taraf ketuntasan 75% dari jumlah siswa. Sedangkan pada siklus II, presentase banyak siswa yang tuntas belajar pada materi pembagian adalah 76%, artinya bahwa pembelajaran dengan problem solving model Polya pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa karena telah mencapai taraf keberhasilan lebih dari 75%. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang masuk dalam kategori ÔÇ£Sangat baikÔÇØ pada siklus I maupun siklus II, serta hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan problem solving model Polya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item