Maritasari, Donna Boedi (2010) Pengembangan media CD animasi pembelajaran sains untuk siswa kelas IV semester I SDN I Bunulrejo Malang tahun ajaran 2009/2010 / Donna Boedi Maritasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media CD Animasi Pembelajaran Sains Media CD animasi merupakan perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya mengandung unsur audio visual serta gambar bergerak sehingga dapat menarik minat pengguna. Hal ini didasari oleh asumsi dua-saluran yaitu audio dan visual. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN I Bunulrejo Malang pada mata pelajaran sains untuk kelas IV dalam mengajar guru menerapkan metode ceramah dan menggunakan gambar diam (statis). Dengan menggunakan metode tersebut siswa cenderung sulit memahami materi yang diberikan. Tujuan pengembangan media CD animasi pembelajaran ini adalah mengahasilkan sebuah CD sebagai salah satu alternatife media pembelajaran sains kelas IV SD yang efektif dalam pembelajaran. Karakteristik dari media CD animasi pembelajaran ini adalah terdapat komunikasi yang interaktif antara pengguna media sehingga akan mendorong tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Subjek uji coba dalam pengembangan media CD animasi pembelajaran ini adalah siswa kelas IV SDN I Bunulrejo Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket diberikan kepada seorang ahli media seorang ahli materi dan siswa kelas IV SDN I Bunulrejo Malang untuk mengukur tingkat kevalidan media yang telah diproduksi. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa terhadap materi yang telah disajikan dilakukan pre-test sebagai evaluasi sebelum menggunakan media dan post-test sebagai evaluasi setelah menggunakan media. Hasil pengembangan media CD animasi pembelajaran ini memenuhi criteria valid dengan hasil validasi ahli media mencapai tingkat kevalidan 85% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 82 5% dan siswa perseorangan mencapai tingkat kevalidan 89 16%. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media animasi pembelajaran ini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM siswa uji coba lapangan dari 50%sebelum menggunakan media CD animasi pembelajaran menjadi 86 66% sesudah menggunakan media CD animasi pembelajaran. Sehingga media CD animasi pembelajaran ini bias dikatan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |