Identifikasi kesulitan belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Kediri pada materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat / Ratna Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Kediri pada materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat / Ratna Widyastuti

Widyastuti, Ratna (2011) Identifikasi kesulitan belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Kediri pada materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat / Ratna Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Persamaan Kuadrat Pertidaksamaan kuadrat. Hasil belajar antara siswa satu dengan yang lain tidaklah sama. Perbedaan hasil belajar ini dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor internal yang bersifat psikologis dan faktor eksternal proses belajar mengajar di sekolah sosial dan situasional. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika di SMK Negeri 1 Kediri diperoleh keterangan bahwa siswa SMK cenderung mengalami banyak kesulitan dalam belajar matematika antara lain pada materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Penelitian ini dilakukan untuk menngidentifikasi kesulitan- kesulitan yang dialami siswa pada materi persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat sehingga diharapkan guru pengajar matematika SMK sederajat dapat menentukan langkah antisipasi sedini mungkin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Kesulitan belajar yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah (1) kesulitan dalam memahami dan menggunakan konsep yang berkaitan dengan materi persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat (2) kesulitan dalam menyelesaikan soal bentuk verbal yang berkaitan dengan aplikasi soal persamaan kuadrat dan (3) kesulitan dalam melakukan operasi aritmetika terutama operasi pada bentuk pecahan dan tanda akar. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah identifikasi kesulitan perlu dilakukan sedini mungkin setelah materi tersebut diajarkan sampai dengan diperoleh sebuah kesimpulan sehingga dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk mengantisipasi kesulitan pada bagian-bagian tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item