Pengembangan program belajar siswa berbasis kontekstual pada materi perbandingan untuk rintisan SMP bertaraf internasional / Dewi Noviyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program belajar siswa berbasis kontekstual pada materi perbandingan untuk rintisan SMP bertaraf internasional / Dewi Noviyanti

Noviyanti, Dewi (2011) Pengembangan program belajar siswa berbasis kontekstual pada materi perbandingan untuk rintisan SMP bertaraf internasional / Dewi Noviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci program belajar siswa kontekstual perbandingan RSBI. Perkembangan dalam dunia pendidikan semakin pesat ditandai dengan semakin banyaknya sekolah yang menamakan dirinya sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Proses belajar mengajar di rintisan sekolah bertaraf internasional tidak luput dari masalah yang dihadapi baik oleh siswa maupun oleh guru. Masalah yang dihadapi oleh siswa berupa kesulitan memahami materi salah satunya bagi siswa kelas VII SMP adalah kesulitan memahami materi perbandingan terutama perbandingan senilai dan berbalik nilai. Pada umumnya bahan ajar yang digunakan kurang membantu siswa dalam menemukan pemahamannya sendiri. Selain diperlukan bahan ajar yang sesuai juga diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai agar siswa dapat mencapai pemahamannya secara optimal. Oleh karena itu diperlukan suatu program belajar siswa yang efektif untuk membantu siswa dalam mencapai pemahaman secara optimal. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menghasilkan program belajar siswa berbasis kontekstual pada materi perbandingan untuk rintisan SMP bertaraf internasional. Istilah program belajar muncul dilandasi oleh pengertian Kurikulum Eksperiensial yang dikemukakan oleh Goodlad Klein Tye 1979 yang ditulis dalam buku yang berjudul Design Approaches and Tools in Education and Training oleh Jan van den Akker yaitu kurikulum yang direfleksikan sebagaimana siswa mengalaminya. Pendekatan yang sesuai dengan gagasan kurikulum eksperiensial adalah kontekstual. Program belajar ini berupa langkah-langkah belajar siswa yang tertuang dalam Lembar Kerja Siswa (LKS). Model penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah model penelitian 4-D oleh Thiagarajan yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Tahap Define dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan yang ada di lapangan untuk membantu pengembangan. Kemudian dilanjutkan dengan pendefinisian produk yang dikembangkan yaitu program belajar siswa. Tahap Design dilakukan dengan merancang bentuk dasar dari produk yang akan dikembangkan. Sedangkan tahap Develop dilakukan dengan validasi dan uji coba produk untuk memperoleh produk yang valid praktis dan efektif. Hasil validasi dan uji coba di lapangan menunjukkan respon yang positif. Sehingga program belajar siswa yang dihasilkan dapat digunakan di Rintisan SMP Bertaraf Internasional dalam pembelajaran materi perbandingan di kelas VII. Hal ini dikarenakan uji coba yang dilakukan dalam pengembangan ini masih pada kelompok kecil maka para calon guru dapat melanjutkan penelitian ini hingga tahap Disseminate dan uji coba di kelas sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item View Item