Hafiizh, Mochammad (2011) Penerapan lesson study pada pembelajaran matematika bilingual untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa / Mochammad Hafiizh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci aktivitas belajar bilingual lesson study think-pair-share. Dari pengalaman peneliti selama melakukan praktik pengalaman lapangan sebagai guru matematika di sekolah masih ditemukan siswa yang tidak aktif terutama dengan adanya kendala penyampaian ide atau gagasan dalam bahasa Inggris. Hasil observasi awal peneliti di kelas bilingual VII F SMP Laboratorium UM juga menunjukkan keadaan yang tidak jauh berbeda. Siswa masih belum aktif secara optimal. Oleh sebab itu perlu disusun suatu pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa salah satu cara untuk membuat siswa lebih aktif adalah dengan melakukan pengkajian terhadap proses pembelajaran secara bersama-sama atau yang lebih dikenal dengan lesson study. Selain itu agar peningkatan aktivitas belajar siswa lebih optimal pada pembelajaran diterapkan model cooperative learning tipe Think-Pair-Share (TPS). Pembelajaran ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap think tahap pair dan tahap share. Dari uraian tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika bilingual. Lesson study adalah suatu pendekatan untuk melakukan perbaikan pembelajaran danmelakukan pengkajian terhadap proses pelajaran oleh suatu tim (tim lesson study). Lesson Study terdiri dari 3 tahapan yakni tahap plan do dan see. Pada tahap plan tim lesson study menyusun perangkat pembelajaran metode dan model pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Tahap do adalah tahap pelaksanaan dari hasil yang telah disusun. Tahap see digunakan untuk merefleksi dan memperbaiki perangkat pembelajaran metode dan model pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang didisain terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pada tahap perencanaan dari penelitian ini di dalamnya juga termasuk tahap plan. Tahap pelaksanaan dari penelitian ini terdiri dari tahap do dan tahap see. Pada tahap pengamatan observasi dilakukan terhadap tahap do dan see. Pada tahap refleksi pada penelitian ini digunakan untuk merefleksi atau mengevaluasi penelitian ini terutama bagaimana peningkatan keaktifan siswa. Dari penelitian yang dilakukan dalam 4 pertemuan ini diperoleh data rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah pada dua pertemuan pertama kurang aktif (skornya 1 32 dan 1 58 dengan skor maksimum 3) dan pada dua pertemuan berikutnya cukup aktif (skornya 2 01 dan 2 20). Skor aktivitas guru selama 4 pertemuan itu juga menunjukkan hasil yang cukup baik. Sehingga hasil penelitian ini adalah penerapan lesson study dan penerapan model cooperative learning tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |