Penerapan lesson study pada pembelajaran matematika bilingual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Andika Wahyu Ferdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study pada pembelajaran matematika bilingual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Andika Wahyu Ferdiansyah

Ferdiansyah, Andika Wahyu (2011) Penerapan lesson study pada pembelajaran matematika bilingual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Andika Wahyu Ferdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci lesson study matematika bilingual motivasi belajar siswa STAD. Menurut siswa pembelajaran matematika menggunakan gabungan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris merupakan sesuatu yang tidak mereka minati. Hal ini tentu berakibat pada motivasi belajar siswa. Lesson study dengan tiga tahapan utama yaitu plan do dan see dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas bilingual VIII-F SMP Laboratorium UM dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses lesson study yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan di SMP Laboratorium UM karena di sekolah tersebut terdapat kelas khusus yang menggunakan dua bahasa pengantar (bilingual). Data diperoleh dengan menggunakan angket pedoman observasi dan catatan lapangan. Data tersebut dianalisis selanjutnya dibahas dan pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan lesson study dengan cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran matematika bilingual selama empat pertemuan memberikan dampak positif berupa peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari persentase rata-rata skor motivasi belajar siswa sebelum tindakan adalah 60 46% siswa sedangkan setelah pelaksanaan tindakan adalah 79%. Peningkatan skor motivasi belajar ini terjadi 86 96% siswa (20 siswa) di kelas penelitian. Hasil ini juga diperkuat dengan catatan observer mengenai kegiatan yang menunjukkan peningkatan motivasi siswa selama empat pertemuan. Persentase rata-rata skor kegiatan siswa di kelas penelitian secara berurutan pada pertemuan pertama kedua ketiga dan keempat adalah 59 83% 64 45% 72 91 dan 81 05%. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan lesson study adalah pemilihan materi yang sesuai manajemen waktu yang tepat dan pengendalian kelas yang bijaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item