Hubungan antara kebutuhan media sosial dan self-esteem pada siswa SMKN 5 Kota Malang / Muhammad Jodi Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kebutuhan media sosial dan self-esteem pada siswa SMKN 5 Kota Malang / Muhammad Jodi Ardiansyah

Ardiansyah, Muhammad Jodi (2019) Hubungan antara kebutuhan media sosial dan self-esteem pada siswa SMKN 5 Kota Malang / Muhammad Jodi Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ardiansyah Muhammad Jodi. 2019. Hubungan antara Kebutuhan media sosial dan Self-Esteem pada siswa SMKN 5 Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata kunci kebutuhan media sosial self-esteem siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kebutuhan media sosial dan self-esteem pada siswa SMK Negeri 5 Malang. Keseluruhan jumlah siswa kelas XII SMK Negeri 5 Malang sebanyak 571 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode simple random sampling dan ditemukan bahwa sampel penelitian sejumlah 143 siswa. Instrumen yang digunakan adaalah skala kebutuhan media sosial yang dibuat oleh peneliti sedangkan skala self-esteem di adaptasi dari Coopersmith Self-Esteem Inventory dengan tingkat reliabilitas sebesar 0 921. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif korelasional. Hasil analisis deskriptif dari 143 subjek yang diteliti menunjukkan bahwa 70 siswa (54 37%) memiliki kebutuhan media sosial tinggi 73 siswa (50 48%) memiliki kebutuhan media sosial rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis korelasional product-moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 263 artinya ada hubungan antara kebutuhan media sosial dan self-esteem. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu (1) Sebagian besar siswa SMKN 5 Kota Malang memiliki kebutuhan media sosial yang rendah (2) sebagian besar siswa SMKN 5 Kota Malang memiliki self-esteem yang rendah dan (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara kebutuhan media sosial dan self-esteem hubungan positif dan signifikan namun tingkat hubungan rendah disebabkan oleh kebutuhan media sosial memiliki pengaruh sebesar 6 9% terhadap self-esteem. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel dukungan sosial hubungan interpersonal pola asuh untuk menggambarkan self-esteem siswa. Guru diharapkan bisa membantu meningkatkan self-esteem siswa di sekolah. Melalui bimbingan-bimbingan atau dalam program belajar yang dirancang untuk meningkatkan self-esteem tersebut. Guru juga diharapkan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu metode dalam meningkatkan prestasi siswa. Bagi siswa bisa memanfaatkannya dengan berdiskusi mengenai tema pembelajaran misalnya melalui grup Whatsapp atau memanfaatkan untuk berbagi ilmu dan membuat konten-konten yang menarik misalnya di Instagram sehingga dalam belajar tidak bosan dan banyak pilihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153946

Actions (login required)

View Item View Item