Efektivitas teknik cognitive restructuring untuk mereduksi kecemasan terhadap matematika pada siswa sma / Aditya Ananta Parameswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas teknik cognitive restructuring untuk mereduksi kecemasan terhadap matematika pada siswa sma / Aditya Ananta Parameswara

Parameswara, Aditya Ananta Parameswara (0000) Efektivitas teknik cognitive restructuring untuk mereduksi kecemasan terhadap matematika pada siswa sma / Aditya Ananta Parameswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan elemen penting dalam kehidupan. Bahkan dikatakan bahwa segala kegiatan atau hal yang ada dalam keseharian kita membutuhkan matematika didalamnya. Meski demikian matematika seringkali dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi siswa karena karakteristik matematika bersifat abstrak logis sistematis dan penuh dengan lambang serta rumus yang membingungkan Siswa seringkali merasa frustrasi dan memunculkan sikap negatif terhadap matematika. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Adetola amp Oladunmoye (2017) dan Anyamene amp Ogugua (2019) ditemukan bahwa teknik cognitive restructuring efektif untuk menurunkan kecemasan terhadap matematika. Beck (2011) juga menyatakan bahwa teknik cognitive restructuring dapat digunakan untuk mereduksi kecemasan dengan cara merubah pandangan irrasional dan tidak adaptif menjadi rasional dan adaptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik cognitive restructuring untuk mereduksi kecemasan terhadap mata pelajaran matematika siswa SMA. Hipotesis penelitian ini adalah teknik cognitive restructuring efektif untuk mereduksi kecemasan terhadap matematika pada siswa SMA. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen one group pretest posttest. Kecemasan terhadap matematika diukur menggunakan Skala Kecemasan Terhadap Matematika yang dikembangkan oleh peneliti. Total subjek yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 6 orang siswa SMA Babul Khairat Pasuruan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Maret - 8 April 2021. Untuk tiap subjek teknik cognitive restructuring dilakukan sebanyak 3 kali sesi tiap sesi dilaksanakan selama 1-1 5 jam. Pada sesi pertama difokuskan untuk membangun rapport dan mengenali kecemasan terhadap matematika. Sesi kedua bertujuan untuk membantu subjek melakukan self-monitoring evaluasi asumsi dan mengumpulkan bukti kecemasan terhadap matematika. Sesi ketiga bertujuan untuk menganalisa kebermanfaatan dan memunculkan pandangan alternatif yang positif dan adaptif terhadap matematika sehingga kecemasan terhadap matematika dapat berkurang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest didapatkan hasil bahwa subjek penelitian mengalami penurunan kecemasan terhadap matematika sekitar 28-37 poin atau sekitar 18 30% hingga 29 61%.. Selain itu subjek penelitian juga menumbuhkan pandangan bahwa matematika itu penting dan tidak perlu lagi untuk cemas terhadap matematika. Didapatkan hasil bahwa p (0 028) lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik cognitive restructuring efektif untuk mereduksi kecemasan terhadap matematika pada siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153943

Actions (login required)

View Item View Item