Analisis problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika rintisan sekolah bertaraf internasional dan alternatif penyelesaiannya / Riya Dwi Puspa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika rintisan sekolah bertaraf internasional dan alternatif penyelesaiannya / Riya Dwi Puspa

Puspa, Riya Dwi (2011) Analisis problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika rintisan sekolah bertaraf internasional dan alternatif penyelesaiannya / Riya Dwi Puspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problematika guru matematika rintisan sekolah bertaraf internasional alternatif penyelesaian. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan rintisan satuan pendidikan yang diselenggarakan dengan menggunakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan diperkaya dengan standar salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan / atau Negara maju lainnya. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan suatu pembaharuan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu tentu saja terdapat kemungkinan para guru matematika mengalami problematika dalam pembelajaran matematika sesuai kurikulum yang diterapkan dalam RSBI. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada 3 (tiga) RSBI di kota Malang 83 33% guru matematika menyatakan tidak mempunyai kesulitan dalam mengembangkan atau menyusun silabus mata pelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris. Dalam mengembangkan atau menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika dalam Bahasa Inggris 50% guru matematika menyatakan mempunyai kesulitan. Selain itu 83 33% guru matematika menyatakan mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum yang digunakan dalam RSBI. Dalam pembelajaran matematika pada tingkat SMP dan SMA guru matematika telah mengukur ranah kognitif dan afektif. Dalam mengevaluasi ranah kognitif 83 33% guru matematika menyatakan tidak mengalami kesulitan. Sedangkan dalam mengevaluasi ranah afektif 50% guru matematika menyatakan mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru matematika memiliki kesulitan dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Beberapa kesulitan tersebut antara lain mengembangkan kegiatan pembelajaran menentukan metode dan strategi pembelajaran mengelola kelas menggunakan bahasa inggris dalam pembelajaran menyusun materi yang mengarah pada pengembangan aspek kognitif siswa sedangkan pada ranah afektif guru tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian yang tergantung pada situasi dan kondisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum yang sesuai dengan pelaksanaan RSBI meningkatkan penguasaan konsep matematika dan penggunaan Bahasa Inggris. Peningkatkan tersebut dapat dilakukan dengan secara aktif mengikuti kegiatan sosialisasi mengenai pembelajaran dalam RSBI memanfaatkan penggunaan internet mengikuti kursus bahasa inggris yang sesuai dengan bidang pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item