BELLA, MELINDA SITA (2019) Implementasi Brand Positioning dan Citra Perpustakaan Daerah di Kabupaten Tulungagung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Bella, Melinda Sita. 2019. Implementasi Brand Positioning dan Citra Perpustakaan Daerah di Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Martutik, M.Pd., (II) Zeni Istiqomah, S.IP., M.A. Kata Kunci: Perpustakaan Daerah, Brand Positioning, Citra Perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan implementasi yang telah dilakukan oleh PerpustakaanDaerah Tulungagung dalam kaitannya dengan brand positioning. Kemudian mendeskripsikan citra perpustakaan pada Perpustakaan Daerah Tulungagung. Terakhir menganalisis dampak brand positioning terhadap citra Perpustakaan Daerah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah pustakawan yang terlibat dalam implementasi brand positioning pada Perpustakaan Daerah Tulungagung dan pemustaka yang berkunjung ke Perpustakaan Daerah Tulungagung serta data pendukung berupa telaah dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan wawancara terstruktur. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah, membaca seluruh data, kodifikasi, mendeskripsikan informasi berdasarkan tema, menyajikan hasil penelitian dan menginterpretasikan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil sebagai berikut. Kegiatan khusus yang mendukung terciptanya brand positioning pada Perpustakaan Daerah Tulungagung yaitu pelatihan komputer, english conversation dan pelatihan rebana. Citra yang di bentuk dari implementasi kegiatan brand positioning pada Perpustakaan Daerah Tulungagung yakni kepercayaan masyarakat terhadap perpustakaan yang cukup tinggi, sikap para pustakawan yang ramah dimata masyarakat, dan masyarakat di Daerah Tulungagung memiliki respon yang positif dengan adanya kegiatan khusus tersebut. Masyarakat di Daerah Tulungagung memperoleh manfaat dari adanya implementasi brand positioning tersebut. Berdasarkan penelitian dan permasalahan yang ada di lapangan, maka saran yang dapat diberikan kepada pustakawan pada Perpustakaan Daerah Tulungagung adalah (1) Perpustakaan Daerah Tulungagung perlu menambah jumlah pustakawan di bidang publikasi dan promosi perpustakaan agar kegiatan khusus yang ada di perpustakaan tetap berjalan. Beberapa kegiatan khusus yang ada di Perpustakaan Daerah Tulungagung di hentikan untuk sementara waktu sebab kurangnya tenaga pustakawan yang menangani kegiatan implementasi brand positioning, (2) Perpustakaan Daerah Tulungagung perlu bekerjasama dengan pihak lain, misalnya dengan masyarakat yang memiliki kemampuan di bidang komputer, english conversation dan rebana agar bisa membantu memberikan pelatihan kepada masyarakat lainnya supaya kegiatan brand positioning tetap berjalan dan citra perpustakaan tetap baik, dan (3) Perpustakaan Daerah Tulungagung perlu melakukan konsistensi program kegiatan khusus yang ada agar kegiatan khusus tersebut tetap menjadi brand dari Perpustakaan Daerah Tulungagung, sehingga kegiatan tersebut tetap memberikan dampak bagi masyarakat di Daerah Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan Daerah, Brand Positioning, Citra Perpustakaan. |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:15 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1539 |
Actions (login required)
View Item |