migrasi buruh perkebunan tebu di afdeeling modjokerto tahun 1901-1942 / dwi evi fani - Repositori Universitas Negeri Malang

migrasi buruh perkebunan tebu di afdeeling modjokerto tahun 1901-1942 / dwi evi fani

Fani, Dwi Evi Fani (2021) migrasi buruh perkebunan tebu di afdeeling modjokerto tahun 1901-1942 / dwi evi fani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afdeeling Modjokerto merupakan penyumbang produksi gula terbesar kedua di Karesidenan Surabaya. Perkembangan lahan perkebunan dan industri gula berdampak pada dikenalkannya jenis pekerjaan baru yakni buruh migran. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mendeskripsikan Afdeeling Modjokerto sebagai daerah eksploitasi perkebunan proses migrasi masuk buruh perkebunan tebu di Afdeeling Modjokerto serta untuk mendeskripsikan pertumbuhan Afdeeling Modjokerto akibat migrasi masuk buruh perkebunan tebu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari lima tahap yaitu pemilihan topik heuristik (pengumpulan sumber tertulis foto peta) kritik (intern dan ekstern) interpretasi (analisis dan sintesis) dan historiografi. Metode tersebut digunakan untuk menyusun fakta mendeskripsikan dan menarik kesimpulan tentang apa yang terjadi di masa lampau. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa kesimpulan sebagai berikut. Pertama Undang-Undang Agraria 1870 berdampak pada pengalihan status hak milik atas tanah dari negara ke pengusaha swasta. Pengalihan ini telah berdampak dengan terbukanya banyak sektor ekonomi baru yang menciptakan kebutuhan akan buruh upahan. Kedua migrasi masuk sebagai buruh perkebunan tebu akibat peningkatan tingkat layanan kesehatan lingkungan yang kondusif bagi pemukiman dan ditopang dengan perbaikan infrastruktur transportasi. Ketiga migrasi masuk berdampak pada pertumbuhan sosial dan ekonomi. Perkembangan Afdeeling Modjokerto kemudian perlu bertolak belakang pada kepentingan desa. Hal ini sehubungan dengan pemberian uang panjar sewa tanah tidak optimalnya penanaman padi akibat kekurangan irigasi mengakibatkan kemiskinan masyarakat pedesaan. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian ini yaitu migrasi masuk dalam wilayah Afdeeling Modjokerto berdampak pada lahirnya kaum marjinal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153893

Actions (login required)

View Item View Item