perkembangan kebudayaan komunitas arab alawiyyin di malang tahun 1847 - 1985 / alwi fabian fachrezy - Repositori Universitas Negeri Malang

perkembangan kebudayaan komunitas arab alawiyyin di malang tahun 1847 - 1985 / alwi fabian fachrezy

Fachrezy, Alwi Fabian Fachrezy (2021) perkembangan kebudayaan komunitas arab alawiyyin di malang tahun 1847 - 1985 / alwi fabian fachrezy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya Kebudayaan Arab Alawiyyin di Nusantara dilatar belakangi atas kedatangan para pendakwah dan pedangang Arab Alawiyyin dari Hadramaut. Orang Arab Hadramaut membawa budaya baru mereka menetap disetiap Koloni-koloni Arab sepanjang pesisir maupun pedalaman Jawa salah satunya di Malang. Hadirnya orang Arab golongan Alawiyyin unsur kebudayaan Hadramaut tidak begitu saja hilang baik pendidikan berdasarkan ajaran Thariqah Alawiyyah maupun pernikahan kafa ah. Proses perkembangan komunitas Arab menjadi bagian dari salah satu terjadinya perkembangan kebudayaan Arab sendiri. Berawal sejak pertengahan abad 19. Penelitian ini untuk mengetahui Perkembangan Kebudayaan Komunitas Arab Alawiyyin di Malang tahun 1847-1985 yaitu sisitem pendidikan yang berdasarkan ajaran Thariqah Alawiyyah dan tradisi pernikahan Kafa ah. Berdasarkan latar belakang tersebut masalah yang ingin dibahas dalam penelitian ini sebagai berikut (1). Bagaimana Kedatangan Awal Komunitas Arab Alawiyyin Ke Malang Pada Abad 19 (2).Bagaimana Perkembangan Komunitas Arab Alawiyyin di Malang Tahun 1847-1985 (3). Bagaimana Perkembangan Kebudayaan Komunitas Arab Alawiyyin di Malang Tahun 1847- 1985 Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Dalam metode ini terdapat beberapa tahap sebagai urut-urutan penulisan yaitu pemilihan topik heuristik yaitu pencarian sumber verifikasi dimana sumber-sumber tersebut kemudian di kritik interpretasi dan berakhir di historiografi yaitu penulisan sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah Pendidikan diawali dengan mengirim anak laki-laki belajar ke Hadramaut. Abad 20 dampak kebijakan asosiasi komunitas Arab mendirikan sekolah disetiap daerah di Malang antara lain Madrasah Attaraqi (1930). Pada masa Jepang lahirnya Pesantren Darul Hadist (1945). Tonggak awal pesatnya ajaran Thariqah Alawiyyah melalui bidang pendidikan formal atau informal. Setelah Merdeka pendidikan berbasis ajaran Thariqah Alawiyyah semakin menjamur yaitu Majelis Ilmu dari tahun 1970an hingga 1980an. Dari lahirnya pendidikan dari golongan Arab Alawiyyin berpengaruh secara sosial di masyarakat. Hal itu buktikan dengan bisa mengubah sudut pandang masyarakat lebih agamis. Pernikahan diawali orang Arab Alawiyyin menikahi wanita Jawa. Munculnya keturunan Arab dari hasil pernikahan silang ini sebagai latar belakang penerapan pernikahan kafa ah. Sejak adanya pernikahan kafa ah ini berlaku juga tradisi Hadramaut seperti pingitan perjodohan dan pengaruh pada budaya Pribumi. Pada Masa Pendudukan Jepang dampak dari pendataan nasab semakin mempermudah pernikahan kafa ah antara orang Arab Alawiyyin Malang dengan Alawiyyin diluar Malang. Pasca kemerdekaan pernikahan kafa ah sesama Alawiyyin semakin tertata dengan baik. Akan tetapi hingga tahun 1980an terdapat adanya akulturasi dari segi prosesi pernikahan dan busana dengan tradisi Eropa dan Jawa tanpa neninggalkan busana pernikahan Hadramaut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153890

Actions (login required)

View Item View Item