Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair square menggunakan lembar kerja siswa / Anik Miftakhul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair square menggunakan lembar kerja siswa / Anik Miftakhul Khasanah

Khasanah, Anik Miftakhul (2011) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair square menggunakan lembar kerja siswa / Anik Miftakhul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar lembar kerja siswa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMPN 1 Gondang bahwa kualitas pembelajaran matematika siswa masih rendah karena kurangnya pertukaran ide antar siswa siswa level tinggi lebih suka mengerjakan aktivitas secara individu sedangkan siswa level rendah hanya menuliskan hasil akhir diskusi dan juga hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square menggunakan LKS dalam pembelajaran matematika. Karena Think Pair Square adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dapat mengoptimalkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sedangkan LKS sebagai alat bantu belajar diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yaitu bagaimana langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan menggunakan lembar kerja siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sehingga penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan menggunakan lembar kerja siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan tindakan dan refleksi. Siklus 1 dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2010. Dalam penelitian ini langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan menggunakan lembar kerja siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gondang adalah (1) tahap Think (berpikir individu) yaitu tahap saat siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru secara individu dengan menuliskan hasil penyelesaiannya pada LKSnya masing-masing siswa diperbolehkan membuka buku sumbernya dan guru lebih mengawasi siswa pada tahap Think agar siswa mengerjakan aktivitas pada LKS secara individu. (2) tahap Pair (berpikir secara berpasangan) yaitu tahap saat siswa level rendah dipasangkan dengan siswa level sedang dan siswa level tinggi dipasangkan dengan siswa level sedang yang ditentukan oleh warna sampul yang sama dalam kelompoknya pada LKSnya masing-masing mendiskusikan penyelesaian masalah pertama yang diberikan guru dengan menuliskan hasil penyelesaian pada LKSnya masing-masing siswa diperbolehkan membuka buku sumbernya dan guru lebih sering mengingatkan siswa pada tahap Pair agar siswa dapat sharing dengan pasangannya masing-masing. (3) tahap Square (sharing/berbagi dalam kelompok berempat) yaitu tahap saat siswa sharing (berbagi) dan saling mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah kedua dalam kelompok berempatnya dan menuliskan hasil penyelesaiannya pada LKS masing-masing guru menegaskan kepada siswa agar siswa yang memahami materi dapat sharing dengan anggota lain yang belum mengerti dalam kelompok berempatnya. (4) tahap presentasi hasil kerja kelompok yaitu tahap saat siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok berempatnya di depan kelas dimana siswa dapat memberikan usul menjawab pertanyaan kelompok lain memberikan sanggahan dan mengajukan pertanyaan. Guru menunjuk kelompok presentasi pada awal tahap Square agar kelompok presentasi lebih mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok berempatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item