peran orang-orang arab dalam gerakan islam modern di solo, 1912-1942 / akmal aji hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

peran orang-orang arab dalam gerakan islam modern di solo, 1912-1942 / akmal aji hidayatullah

Hidayatullah, Akmal Aji Hidayatullah (2021) peran orang-orang arab dalam gerakan islam modern di solo, 1912-1942 / akmal aji hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejarah tentang gerakan Islam modern di Indonesia adalah suatu gerakan yang pernah terjadi diawal abad ke-20 dikalangan masyarakat kolonial Hindia Belanda. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan untuk berubah dari arah tradisional ke arah modern sebagai respon dari majunya negeri-negeri barat dan akibat kependudukan Pemerintahan Hindia Belanda. Pergerakan ini juga ditandai dengan terbentuknya lembaga atau organisasi Islam modern serta keinginan untuk melepaskan diri dari belenggu kolonialisme pada akhirnya. Termasuk salah satunya adalah dari kelompok orang-orang Arab Solo di masa Hindia Belanda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang-orang Arab dalam pergerakan Islam modern di Solo pada tahun 1912-1942. Terdapat beberapa pembahasan yang akan dibahas dalam kajian ini. pertama bagaimana gambaran umum kehidupan orang-orang Arab di Solo pada awal abad ke-20. Kedua bagaimana hubungan gerakan Islam orang-orang Arab dengan orang-orang lokal di Solo ditahun 1912-1930. Ketiga bagaimana orang-orang Arab di Solo ikut terlibat dalam gerakan Persatuan Arab Indonesia (PAI) ditahun 1934-1942. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah berupa pemilihan topik pengumpulan sumber (heuristik) kritik sumber interpretas dan penulisan (historiografi). Hasil dari penelitian ini adalah orang-orang Arab Solo mempunyai peran dan terlibat dalam gerakan Islam modern di Solo pada awal abad-20. Hal ini dikarenakan mereka berasimilasi baik dengan penduduk lokal disebabkan dua faktor yatiu persamaan ikatan agama Islam dan persamaan profesi dibidang perdagangan batik. Adanya faktor ini orang-orang Arab Solo diketahui terlibat aktif dalam hubungan dengan orang-orang lokal di Solo. Yaitu hubungan dengan kraton dan organisasi-organisasi lokal yaitu Sarekat Islam (1912) dan Muhammadiyah (1912). Tidak berhenti sampai disitu Solo dan orang-orang Arab-nya diketahui terlibat aktif dalam perkembangan gerakan dikalangan sendiri yaitu disaat munculnya Persatuan Arab Indonesia (PAI) ditahun 1934. PAI merupakan sebuah organisasi kooperatif yang berasaskan Islamis Nasionalis pertama di kalangan orang-orang Arab. Gerakan dalam organisasi ini menuntut untuk memajukan orang-orang Arab dalam berfikir serta bersikap modern dan menolak orientasi orang-orang Arab yang masih mengaggap tanah leluhurnya sebagai tanah air. Organisasi ini juga berkembang menjadi salah satu yang mendukung terwujudnya Indonesia merdeka bersama dengan organisasi pergerakan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153871

Actions (login required)

View Item View Item