Kajian busana pada relief cerita sang satyawan di batur pendopo candi panataran abad xiv / Miranti Sefriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian busana pada relief cerita sang satyawan di batur pendopo candi panataran abad xiv / Miranti Sefriyanti

Sefriyanti, Miranti Sefriyanti (0000) Kajian busana pada relief cerita sang satyawan di batur pendopo candi panataran abad xiv / Miranti Sefriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sefriyanti Miranti.2021. Kajian Busana Pada Relief Cerita Sang Satyawan Di Batur Pendopo Penataran Abad XIV. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Yuliati M.Hum. (2) Ronal Ridhoi S.Hum. M.A. Kata Kunci Busana Candi Panataran Relief Sang Satyawan Kajian mengenai busana pada relief cerita Sang Satyawan di Batur Pendopo Penataran pada abad XIV belum banyak diteliti mengingat kajian ini sangat menarik untuk diteliti. Oleh sebab itu peneliti mengakat kajian busana yang terdapat pada sebuah relief. Relief yang diangkat merupakan sebuah relief yang menceritakan tentang sang Satyawan yang mengisahkan tentang kisah percintaan seorang dewa yang bernama Satyawan dengan Suwistri yang merupakan putri dari Maharaja Yayati. Berdasarkan latar belakang tersebut masalah yang ingin dibahas dalam penelitian ini diantaranya sebagai berikut (1) Bagaimana cerita relief Sang Satyawan serta konsep busana dan perhiasan pada relief tersebut (2) Bagaimana nilai estetika yang terkandung pada relief tersebut Penelitian bertujuan untuk mengungkap sejarah busana pada relief cerita sang satyawan pada abad ke-14 busana merupakan suatu objek yang dapat digunakan untuk mengetahui stratifikasi sosial budaya dan tolak ukur peradaban tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sejarah. Metode sejarah menggunakan langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu pemilihan topik heuristik atau pencarian sumber verifikasi atau kritik sumber interpretasi dan yang terakhir adalah historiografi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa (1) Berdasarkan isi cerita yang terpahat pada relief Sang Satyawan adapun busana yang dipakai oleh tokoh-tokoh dalam cerita tersebut diantaranya yaitu penggunaan penutup kepala yang bernama ldquo panji rdquo . (2) Dalam relief sang Satyawan menggambarkan sebuah estetika melalui gaya busana dari tokoh pria dan perempuan yang terpahat di relief tersebut tokoh pria jauh lebih beragam jika dibanding tokoh wanita. Ini tidak terlepas dari banyaknya tokoh pria yang tercermin dalam relief tersebut. Mulai dari pakaian pendek yang menjadi busana rakyat biasa hingga pakaian panjang yang menjadi ciri kaum bangsawan dan pendeta. Sementara itu busana wanita kebanyakan merupakan kain panjang dari berbagai tingkatan sosial. Penggunaan pakaian menjadi gambaran keadaan sosial dan keagamaan yang terjadi pada masa pembuatan relief yang terdapat pada candi Panataran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153867

Actions (login required)

View Item View Item