Pengembangan modul pembelajaran materi kaidah pencacahan dengan pendekatan realistik / Masruri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran materi kaidah pencacahan dengan pendekatan realistik / Masruri

Masruri (2011) Pengembangan modul pembelajaran materi kaidah pencacahan dengan pendekatan realistik / Masruri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul Pendekatan Realistik Kaidah Pencacahan. Pada dasarnya potensi yang ada pada setiap siswa adalah berbeda-beda baik dari kemampuan bakat maupun minatnya sehingga untuk menyelesaikan program belajarnya membutuhkan waktu yang berbeda-beda pula. Untuk memenuhi model layanan pendidikan tersebut salah satunya adalah dengan memberlakuan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam kurikulumnya. Pemberlakuan sistem ini akan menimbulkan upaya untuk mengadakan pengaturan metode pembelajaran dengan tujuan agar siswa mampu mencapai standar belajar dalam waktu yang telah disediakan dengan tempo belajar yang berbeda-beda. Sistem pembelajaran yang menyesuaikan terhadap individu masing-masing siswa tersebut salah satunya adalah pembelajaran dengan sistem modul. Kaidah pencacahan merupakan salah satu materi yang dirasa membingungkan bagi sebagian siswa yaitu ketika mereka dihadapkan pada beberapa masalah yang harus diselesaikan dengan metode permutasi atau kombinasi. Pengorganisasian materi yang baik diharapkan menjadi solusi yang dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep kaidah pencacahan. Pengorganisasian tersebut dapat diawali dengan memberikan masalah sederhana dan konstektual sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Model pendekatan dengan karakteristik tersebut sesuai dengan pendekatan realistik. Dengan demikian adanya modul pembelajaran kaidah pencacahan dengan menggunakan pendekatan realistik diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Model yang digunakan dalam pengembangan modul ini adalah model konseptual yaitu model yang bersifat analitis yang memberikan komponenkomponen modul yang akan dikembangkan sedangkan prosedur yang digunakan dalam pengembangan ini meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan penyusunan dan validasi dan penyempurnaan. Selanjutnya data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kuantitatif yaitu hasil validasi modul hasil tes belajar siswa dan data kualitatif yaitu berupa angket modul. Berdasarkan hasil analisis data hasil uji coba tahap 1 modul sudah sesuai dengan aspek kelayakan isi aspek realistik aspek sajian aspek kebahasaan dan aspek kegrafisan sehingga modul dinyatakan sangat valid dan berdasarkan hasil analisis data uji coba tahap 2 yaitu hasil tes belajar 4 dari 5 siswa telah tencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan dari analisis angket siswa dinyatakan modul sudah valid sehingga dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterima siswa dan layak digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran materi kaidah pencacahan kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item