Produk pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa SMP kelas VII / Hena Retnowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Produk pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa SMP kelas VII / Hena Retnowati

Retnowati, Hena (2011) Produk pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa SMP kelas VII / Hena Retnowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar berbasis masalah keliling dan luas segitiga. Salah satu aspek yang dapat membantu proses pembelajaran berbasis masalah menjadi bermakna dan tidak terkesan hanya penyampaian informasi yang dikemas dalam suatu masalah adalah penggunaan bahan ajar yang mampu mengembangkan potensi berpikir siswa secara mandiri. Kenyataan tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian produk pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa SMP kelas VII. Langkah-langkah yang dilalui dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah pendefinisian perancangan pengembangan dan pendiseminasian. Dari data angket yang diberikan kepada subjek uji ahli yakni dosen pendidikan matematika UM dan guru bidang studi matematika SMPN I Kencong Jember dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dihasilkan tergolong sangat valid dan sesuai dengan pembelajaran berbasis masalah. Adapun karakteristik bahan ajar hasil pengembangan antara lain bahan ajar berorientasi kepada masalah guna memahami konsep matematika bahan yang dipilih adalah bahan yang mampu mengorganisasi siswa untuk belajar memahami konsep matematika bahan yang dipilih memberikan bimbingan penyelidikan individual maupun kelompok guna memecahkan masalah bahan yang dipilih mampu mengembangkan dan menyajikan hasil karya siswa guna mengkomunikasikan gagasan dan bahan yang dipilih memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah menggunakan penalaran. Meskipun secara keseluruhan bahan ajar dikatakan sangat valid namun untuk perbaikan bahan ajar produk pengembangan pengembang tetap melakukan tahap refeleksi. Refleksi ini berupa revisi bahan ajar berdasarkan saran dan komentar dari subjek uji ahli. Fokus utama revisi ini adalah buku siswa bagian survey I yang menurut salah satu subyek uji ahli kurang mengarah pada masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item