Pengembangan lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas kelas VIII / Ana Zumaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas kelas VIII / Ana Zumaroh

Zumaroh, Ana (2011) Pengembangan lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas kelas VIII / Ana Zumaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci lembar kerja siswa pendekatan penemuan terbimbing luas permukaan dan volume prisma dan limas. Berdasar hasil obervasi dan wawancara dengan siswa di lapangan saat PPL di SMP Negeri 13 Malang LKS yang digunakan kurang menarik minat siswa. Beberapa siswa menyebutkan bahwa pada LKS langsung memberikan rumus-rumus tentang materi yang diberikan. Pada kelas VIII terdapat pokok bahasan geometri yang memuat rumus-rumus tentang luas permukaan dan volume prisma dan limas. Pada umumnya siswa hanya menghafal dan mengingat rumus luas permukaan dan volume prisma dan limas sehingga apabila diberikan permasalahan yang sedikit berbeda dari contoh yang diajarkan siswa akan kesulitan dalam menggunakan rumus yang diberikan. Oleh karena itu penulis terdorong untuk mengembangkan lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas. Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan 4 tahap yaitu tahap analisis situasi awal tahap pengembangan rancangan tahap penyusunan produk awal dan tahap penilaian produk. LKS yang dikembangkan dinilai oleh tiga validator yaitu satu dosen matematika dan dua guru SMP. Setelah itu LKS diujicobakan sebanyak dua kali pertama diujicobakan pada 3 siswa kemudian diujicobakan lagi pada 10 siswa untuk pengujian validitas empiris terhadap LKS yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian validator pada tiap aspek dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dengan persentase 91 66%. Sementara itu berdasarkan hasil uji coba pada siswa dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan menarik dan dapat dikerjakan siswa. Hasil evaluasi dari masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item