Kusuma, Roga (2011) Penerapan pembelajaran koopeartif tipe think talk write (TIW) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linear 1 variabel kelas VII MTs Surya Buana Malang / Roga Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) aktivitas belajar siswa Sebagai pendidik guru dituntut agar tugas dan peranannya tidak lagi sebagai pemberi informasi (transmission of knowledge) melainkan sebagai pendorong belajar agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui berbagai aktivitas belajar secara aktif di kelas. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilakukan dengan mencari formula pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa adalah dengan melaksanakan model pembelajaran yang relevan untuk diterapkan oleh guru yang memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut berperan secara aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear 1 variabel Kelas VII MTs Surya Buana Malang Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 31 siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang yang dilaksanakan pada tanggal 22 dan 26 Oktober 2010 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Peningkatan terbesar terdapat pada aspek listening activities dengan persentase keberhasilannya sebesar 73 8% yang menunjukkan bahwa siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan mendengarkan penjelasan guru mendengarkan pertanyaan dan jawaban dari teman mendengarkan teman yang menanggapi serta mendengarkan presentasi teman didepan kelas walaupun masih kurang merespon dengan baik. Sedangkan peningkatan terendah terdapat pada aspek oral activities dengan persentase keberhasilan sebesar 64 4% yang menunjukkan bahwa siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan aktif menyumbang ide dalam kelas serta menjawab pertanyaan dari guru dengan benar walaupun masih kurang lengkap. Sehingga dapat simpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipeTTW dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII A MTs Surya Buana Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |