Identifikasi terjadinya aspek, kreatif, efektif dan menyenangkan pada pembelajaran fungsi dengan pendekatan realistic mathematic education untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 17 malang / Wina Widiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi terjadinya aspek, kreatif, efektif dan menyenangkan pada pembelajaran fungsi dengan pendekatan realistic mathematic education untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 17 malang / Wina Widiasari

Widiasari, Wina (2011) Identifikasi terjadinya aspek, kreatif, efektif dan menyenangkan pada pembelajaran fungsi dengan pendekatan realistic mathematic education untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 17 malang / Wina Widiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan Realistic Mathematic Education Dalam upaya untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu konsep matematika maka diperlukan suatu pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang menuntut siswa terlibat aktif dalam mengembangkan suatu ide untuk memecahkan masalah. Pembelajaran ini mendorong siswa mengaitkan pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana belajar dimana siswa aktif kreatif dan efektif. Hal ini diharapkan dapat menghadirkan suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan terutama bagi siswa. Dengan demikian siswa akan lebih mudah menangkap pelajaran karena suasana dalam diri maupun di luar dirinya mendukung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan November 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A semester Gasal di SMP Negeri 17 Malang. Jumlah siswa kelas VIII-A laki-laki adalah 19 siswa sedangkan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memaparkan peristiwa urgen yang terjadi pada masa kini yang dilakukan secara sistematik dan lebih menekankan pada faktual dari pada penyimpulan (Degeng 1997 42). Tahap-tahap penelitian ini meliputi kegiatan 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi 4) analisis data dan 5) refleksi. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Teknik pengambilan atau pengumpulan data meliputi 1) hasil tes kemampuan awal 2) hasil observasi dari siswa dan guru 3) hasil jawaban siswa dalam mengerjakan LKS 4) hasil angket dan 5) hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman dalam Haryani (2004 36) yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yang dilakukan secara berurutan yaitu 1) mereduksi data 2) penyajian data dan 3) menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fungsi melalui pendekatan Realistic Mathematic Education dapat memunculkan aspek aktif kreatif efektif dan menyenangkan dalam diri siswa selama proses pembelajaran. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian tiap pertemuan bahwa siswa yang memiliki kemampuan akademik berbeda dapat memunculkan aspek yang berbeda dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item