Prototype pengembangan media pembelajaran dengan bantuan komputer berbasis permainan simulasi pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa kelas VII / Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototype pengembangan media pembelajaran dengan bantuan komputer berbasis permainan simulasi pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa kelas VII / Khotimah

Khotimah, Cici Chusnul (2011) Prototype pengembangan media pembelajaran dengan bantuan komputer berbasis permainan simulasi pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa kelas VII / Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Prototype Media pembelajaran aritmatika sosial permainan simulasi komputer. Seiring dengan perkembangan jaman penggunaan komputer sebagai media pembelajaran sudah tidak asing lagi. Komputer memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki media pembelajaran konvensional yaitu komputer menampilkan gambar sekaligus menghasilkan suara dalam waktu yang bersamaan sehingga memungkinkan untuk kita merancang suatu simulasi. Pada umumnya di SMP materi aritmatika sosial disajikan dengan menggunakan metode ceramah latihan soal dan simulasi. Ketika guru mengajarkan materi aritmatika sosial dengan menggunakan metode ceramah dan latihan soal maka siswa akan cepat merasa bosan dan kurang memahami materi. Akan tetapi ketika guru melakukan simulasi yang berkaitan dengan materi aritmatika sosial maka guru dan siswa dituntut untuk mempersiapkan alat peraga yang dibutuhkan untuk simulasi. Persiapan ini menyita waktu yang cukup banyak. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbantuan komputer berbasis permainan simulasi pada materi aritmatika sosial. Pengembangan media ini diharapkan mampu mengatasi kedua permasalahan di atas dan untuk menarik perhatian siswa maka peneliti menambahkan unsur unsur permainan di dalamnya. Dalam pengembangan media ini penulis mengadaptasi 6 langkah pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan oleh Sadiman (2002) yaitu (1) Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) Merumuskan tujuan instruksional (instructional objective) (3) Merumuskan butir butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan (4) Mengembangkan alat ukur keberhasilan (5) Menuliskan naskah media dan (6) Melakukan tes dan revisi. Media pembelajaran ini berupa software permainan simulasi materi aritmatika sosial yang berisi materi nilai keseluruhan nilai per-unit dan nilai sebagian besar dan persentase laba/rugi/impas harga jual harga beli netto tara dan bruto dalam kegiatan ekonomi. Media pembelajaran ini digunakan siswa ketika pembelajaran dengan didampingi oleh guru. Dalam software pembelajaran ini juga dilengkapi petunjuk-petunjuk penggunaan yang berfungsi untuk memudahkan pemakai dalam mengoperasikan program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15379

Actions (login required)

View Item View Item