Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Malang / Nira Radita - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Malang / Nira Radita

Radita, Nira (2011) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Malang / Nira Radita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis kesalahan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat langkah penyelesaian masalah Polya kesulitan belajar Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Namun matematika bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi sebagian besar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal termasuk soal tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Kesalahan yang dilakukan dapat digunakan untuk mengetahui letak kesulitan belajar matematika siswa. Ada beberapa tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah salah satunya adalah tahap penyelesaian masalah menurut Polya yang meliputi tahap pemahaman tahap pemikiran rencana tahap pelaksanaan rencana selesaian dan tahap peninjauan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika serta kesulitan belajar yang dialami berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Malang. Tes tertulis diberikan kepada 39 orang jawaban siswa yang salah dikelompokkan kedalam kesalahan yang sama. Setelah itu pada setiap kesalahan dipilih salah satu siswa untuk diwawancarai. Dari hasil wawancara dapat diketahui penyebab siswa melakukan kesalahan dan kesulitan belajar yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap pemahaman soal antara lain tidak menjawab soal dan tidak memperhatikan syarat-syarat yang diminta dalam soal kesalahan pada tahap pemikiran rencana adalah salah menggunakan rumus kesalahan pada tahap pelaksanaan rencana selesaian yaitu salah melakukan perhitungan dan salah memasukkan nilai kesalahan pada tahap peninjauan kembali misalnya tidak memeriksa kembali jawabannya tidak melanjutkan proses penyelesaian salah tulis dan tidak menuliskan kesimpulan dari jawabannya (2) kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu sulit memahami soal sulit bekerja dengan variabel sulit untuk mengingat suatu materi sulit untuk menghubungkan suatu materi dengan materi lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) sebaiknya yang diajarkan guru bukan hanya materi yang ada dibuku siswa tetapi juga dari sumber lain 2) guru diharapkan memahami kemampuan setiap siswa agar kemampuan siswa merata 3) guru sebaiknya memberi latihan soal dan mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi lain yang pernah dipelajari siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item