Mahmudah, Yuniek Fauzanin (2011) Penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari / Yuniek Fauzanin Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci multiple intelligences relasi dan fungsi prestasi belajar. Berdasarkan data prestasi belajar matematika siswa MTsM 2 Gandusari kelas VIII-C semester I tahun ajaran 2010/2011 pada materi relasi dan fungsi ternyata prestasi belajar siswa tergolong masih rendah. Sesuai data yang diperoleh dari nilai ulangan harian pada materi ini masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan. Terdapat 83 33% siswa yang belum tuntas. Dengan kata lain secara klasikal ketuntasannya hanya 16 67% dengan rata-rata kelas 51 83. Dari hasil wawancara dengan guru matematika di kelas ini dapat diketahui bahwa prestasi siswa di bidang non akademik sebenarnya termasuk membanggakan. Menurut teori multiple intelligences kesulitan siswa dalam memahami suatu konsep dapat diatasi jika proses pembelajaran dilakukan dengan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan tetap memperhatikan berbagai aspek kecerdasan yang dimiliki siswa. Penerapan multiple intelligences ini diharapkan mampu mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi relasi dan fungsi. Tipe kecerdasan yang dipilih dalam penelitian ini adalah kecerdasan verbal-matematis kecerdasan visual-matematis dan kecerdasan interpersonal matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MTsM 2 Gandusari Trenggalek dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII-C tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2010 dan berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap tindakan (3) tahap observasi dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII meliputi tiga aspek. Pertama aspek verbal-matematis siswa menyusun cerita narasi yang memuat data siswa menyusun laporan kelompok dengan dibimbing dan diberi penjelasan mengenai hal-hal terkait keruntutan sistematika penulisan dan kerapian siswa mempresentasikan laporan kelompok di depan kelas dengan terlebih dahulu diberikan modeling serta tata cara presentasi yang baik siswa mengajukan/ menanggapi pertanyaan pada kegiatan presentasi siswa membuat kesimpulan tentang pengertian relasi dan fungsi. Kedua aspek visual-matematis siswa menyatakan data ke dalam bentuk diagram panah diagram Cartesius dan himpunan pasangan berurutan pada media kertas karton dan hasilnya dipasang di depan kelas. Ketiga aspek interpersonal-matematis siswa pertanyaan-pertanyaan pada lembar diskusi kelompok siswa bekerjasama dalam penyusunan laporan kelompok dan siswa memberikan penilaian aktivitas kelompok. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I yakni sebesar 38% sedangkan pada siklus II sebesar 60%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa yakni 55 56% dengan rata-rata kelas 65 07 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar belajar siswa sebesar 77 76% dengan rata-rata kelas 70 90.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |