Penerapan problem posing untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA-4 SMA Negei 1 Batu pada materi fungsi invers / Hadi Surahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem posing untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA-4 SMA Negei 1 Batu pada materi fungsi invers / Hadi Surahman

Surahman, Hadi (2010) Penerapan problem posing untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA-4 SMA Negei 1 Batu pada materi fungsi invers / Hadi Surahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Matematika Problem Posing Hasil Belajar Siswa Pengamatan peneliti di SMAN 1 Batu bahwa hasil belajar yang kurang disebabkan antara lain karena pembelajaran matematika pada umumnya yaitu guru hanya memberikan tugas untuk mengerjakan soal latihan dan menggunakan buku ajar sebagai acuan yang disampaikan kepada siswanya sehingga kurang dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan ketrampilan hidup untuk kreatif kompetitif dan kooperatif serta dilakukan secara terpadu adalah pembelajaran matematika dengan problem posing. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji pembelajaran matematika dengan problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan problem posing untuk melihat hasil belajar siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batu pada bulan Maret sampai dengan April 2010 dalam 2 tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan dan 2 pertemuan. Langkah-langkah pembelajaran fungsi invers dengan penerapan problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 1 Batu adalah 1) membangkitkan pengetahuan awal siswa terkait materi fungsi invers yang akan dibelajarkan dengan memberikan Lembar Kegiatan Siswa sebagai bahan untuk motivasi dan juga membagikan Lembar Problem Posing (LPP) untuk siswa. 2) Guru memberikan beberapa contoh dan soal tentang fungsi baik yang memiliki fungsi invers maupun yang tidak memiliki fungsi invers 3) guru meminta siswa untuk mengerjakan LPP dan soal tentang invers 4) siswa mempresentasikan hasil kerja di depan kelas dan guru memberikan penguatan 5) guru memberikan contoh membuat soal dan memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat soal pada LPP kemudian bertukar LPP untuk menyelesaikan soal dari LPP teman dan mempresentasikan. 6) terakhir guru bersama siswa membuat kesimpulan kemudian melaksanakan tes akhir tindakan. Hasil belajar pada penelitian ini meningkat ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa yaitu peningkatan rata-rata tes awal adalah 67 5 (dengan ketuntasan 27 2%) menjadi 77 5 pada siklus I (dengan ketuntasan 33 33%) dan 87 5 pada siklus II (dengan ketuntasan 93 5%). Sedangkan ketuntasan belajar matematika secara deskriptif menunjukkan peningkatan penilaian struktur semantik (dari 44 51% pada siklus I menjadi 81 15% pada siklus II ) dan struktur sintaksis (dari 71 23% menjadi 73 89% pada siklus II). Sehingga metode ini layak untuk dikembangkan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item