Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) menggunakan masalah kontekstual pada materi peluang untuk SMA kelas XI / Dewi Aminatul Maesyaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) menggunakan masalah kontekstual pada materi peluang untuk SMA kelas XI / Dewi Aminatul Maesyaroh

Maesyaroh, Dewi Aminatul (2010) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) menggunakan masalah kontekstual pada materi peluang untuk SMA kelas XI / Dewi Aminatul Maesyaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci LKS masalah kontekstual peluang. Berdasarkan wawancara dengan siswa di salah satu SMA negeri di Malang kesulitan yang dialami pada saat berhadapan dengan soal kombinatorika adalah siswa sulit membedakan termasuk permutasi atau kombinasi. Selain itu siswa juga sering mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal peluang bersyarat. Siswa mengatakan bahwa penyajian materi peluang di buku dan Lembar Kerja Siswa (LKS) masih monoton. Hal di atas dikuatkan dengan data yang diperoleh dari guru kelas XI bahwa pada saat ulangan harian materi peluang siswa yang ikut remidi sebesar 60% sedangkan sisanya hanya mendapat nilai 75 sampai 80. Oleh karena itu penulis terdorong untuk melakukan penelitian pengembangan LKS menggunakan masalah kontekstual. Tujuan penelitian pengambangan yang dilakukan penulis adalah menghasilkan LKS menggunakan masalah kontekstual yang valid praktis dan efektif. Pengembangan LKS dilakukan dalam 4 tahap yaitu analisis situasi awal pengembangan rancangan penyusunan dan penilaian. Pada proses pengembangan penulis mengadopsi buku Core-Plus Mathematics Contemporary Mathematics in Context Course 1 Student Edition dan Core-Plus Mathematics Contemporary Mathematics in Context Course 2 Student Edition yang diterbitkan oleh Glencoe/McGraw-Hill di United States of America tahun 2008. Berdasarkan pada hasil penilaian dari validator yang terdiri dari 1 dosen dan 2 guru SMK semua aspek penilaian LKS yang meliputi aspek kontekstual aspek praktis dan aspek efektif dinyatakan valid. Persentase kevalidan untuk masing-masing aspek adalah 89 8% untuk aspek kontekstual 83 3% untuk aspek praktis dan 82 3% untuk aspek efektif .Sementara itu berdasarkan hasil uji coba tahap 2 kepada 5 orang siswa SMA kelas XI dapat disimpulkan bahwa LKS hasil pengembangan menarik memanfaatkan permasalahan sehari-hari yang dekat dengan siswa serta membuat siswa bernalar untuk menyelesaikan permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item