Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivis untuk siswa SMA kelas XI semester I / Nina Mariyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivis untuk siswa SMA kelas XI semester I / Nina Mariyana

Mariyana, Nina (2010) Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivis untuk siswa SMA kelas XI semester I / Nina Mariyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul trigonometri konstruktivis matematika. Modul adalah suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan modul siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan tehnik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Dengan adanya modul siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pokok trigonometri. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi trigonometri merupakan salah satu materi siswa SMA kelas XI semester I. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan modul ini adalah konstruktivis. Pendekatan konstruktivis adalah pendekatan dimana siswa menemukan sendiri rumus dan menghubungkan pengalaman-pengalaman sebelumnya serta benda-benda disekitarnya dengan materi pelajaran. Modul pembelajaran ini dikembangkan melalui proses validasi modul dan uji coba modul. Tahap validasi melibatkan empat validator yaitu satu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan satu guru matematika Sekolah Menengah Atas satu mahasiswa S1 dan satu mahasiswa S2 Universitas Negeri Malang. Tahap uji coba modul melibatkan subjek coba yang terdiri dari sepuluh siswa SMA. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu (1) materi yang disajikan sesuai dengan KTSP (2) tampilan modul menarik dan (3) kegiatan belajar yang disajikan mengacu pada pendekatan konstruktivis (4) siswa diberi kesempatan untuk menyusun kesimpulan secara mandiri. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu (1) pengembangan modul ini hanya terbatas pada materi trigonometri oleh karena itu diharapkan ada tindak lanjut pengembangan modul untuk materi yang lain (2) disarankan kepada pengembang-pengembang modul lainnya untuk mengujicobakan modul ini kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas agar dapat diketahui tingkat keefektifannya (3) diharapkan guru Sekolah Menengah Atas mencoba menggunakan produk pengembangan modul ini dalam pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan (4) guru dapat mengembangkan modul ini sesuai dengan kondisi sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item