Peningkatan keterampilan berhitung perkalian melalui pembelajaran berbantuan media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDN Jingglong 01 / Dwi Nita Futikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berhitung perkalian melalui pembelajaran berbantuan media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDN Jingglong 01 / Dwi Nita Futikasari

Futikasari, Dwi Nita (2010) Peningkatan keterampilan berhitung perkalian melalui pembelajaran berbantuan media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDN Jingglong 01 / Dwi Nita Futikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Keterampilan Berhitung Media Hand s on Activity. Keterampilan berhitung perkalian sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga keterampilan ini harus dimiliki siswa sejak dini. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih siswa dalam meningkatkan keterampilan berhitung perkalian adalah pembelajaran menggunakan bantuan media hand s on activity. Media hand s on activity yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari media logico maximo dan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui bantuan media hand s on activity yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD. Sehingga nantinya dapat dilihat sejauh mana pembelajaran berbantuan media hand s on activity ini dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran berbantuan media hand s on activity pada siklus 1 diantaranya (1) siswa belum terbiasa bekerjasama dengan anggota kelompok yang telah ditetapkan karena sebagian siswa masih bergantung kepada peran guru sehingga hanya beberapa siswa yang terlihat aktif saat kegiatan pembelajaran (2) hanya sebagian siswa yang aktif menjawab soal dari guru karena mereka tidak terbiasa menjawab soal secara mencongak (3) siswa lebih senang bila belajar dengan media papan logika. Adapun pada siklus 2 masalah pada siklus 1 dapat diatasi dengan (1) lebih mengoptimalkan kegiatan diskusi kelompok dengan mengurangi peran guru sebagai pemberi bantuan (2) memberikan motivasi berupa penguatan secara lisan maupun tulisan serta pemberian hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab soal mencongak dengan benar (3) mengoptimalkan penggunaan media papan logika dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berhitung perkalian (tes siklus 1 58 8% dan siklus 2 76 4%). Adapun pembelajaran berbantuan media hand s on activity yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian adalah pembelajaran dengan menggunakan media papan logika dengan langkah-langkah (a) penanaman konsep yaitu mengawali pembelajaran dengan membimbing siswa mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi bersesuaian yang telah dipelajari sebelumnya (b) pemahaman konsep yaitu memberikan kesempatan siswa untuk melakukan latihan dengan menjawab soal secara mencongak atau mengerjakan lembar kegiatan (c) pembinaan keterampilan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih supaya terampil melakukan perhitungan perkalian dengan menggunakan media papan logika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15368

Actions (login required)

View Item View Item