Penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan media logico piccolo untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM pada materi segitiga dan segi empat / Devi Indah Merdekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan media logico piccolo untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM pada materi segitiga dan segi empat / Devi Indah Merdekasari

Merdekasari, Devi Indah (2010) Penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan media logico piccolo untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM pada materi segitiga dan segi empat / Devi Indah Merdekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran langsung media logico piccolo hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Laboratorium UM menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa masih sekitar 35%. Melihat permasalahan di atas maka diperlukan sistem pembelajaran yang tepat dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran di mana guru berperan penuh dalam menentukan kegiatan pembelajaran sehingga guru dapat mengendalikan isi dan urutan materi yang akan diterima oleh siswa. Pembelajaran langsung juga memiliki kelemahan misalnya saja siswa kurang terlibat secara aktif siswa akan bercanda dengan temannya dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut pembelajaran langsung akan dikombinasikan dengan media Logico Piccolo . Dengan model pembelajaran langsung dan media logico piccolo siswa diajak belajar sambil bermain. Diharapkan siswa lebih senang dan termotivasi untuk belajar matematika sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Laboratorium UM pada tanggal 21 Mei sampai 4 Juni 2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran langsung menggunakan media logico piccolo dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di mana dilihat dari rata-rata evaluasi dan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata nilai evaluasi pada siklus I adalah 88 2 dan pada siklus II adalah 93 94. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan II adalah 91 43 %. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata evaluasi sebesar 5 74. Saran dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran langsung menggunakan media logico piccolo dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan guru-guru untuk membelajarkan matematika di sekolah (2) sebaiknya memodifikasi langkah pembelajaran langsung ketika berlatih dengan media logico piccolo agar tidak terjadi kecurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item