Perbedaan prestasi belajar matematika antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode pembelajaran ekspositori pada siswa SMA kelas XI IPA / Nadya Husenti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar matematika antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode pembelajaran ekspositori pada siswa SMA kelas XI IPA / Nadya Husenti

Husenti, Nadya (2010) Perbedaan prestasi belajar matematika antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode pembelajaran ekspositori pada siswa SMA kelas XI IPA / Nadya Husenti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci inkuiri terbimbing ekspositori prestasi belajar Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang penting dan bersifat abstrak tetapi kurang disukai oleh siswa seperti yang dialami siswa SMA Negeri 8 Malang. Hal ini dikarenakan siswa hanya menerima saja materi yang disajikan oleh guru yang mengakibatkan kegiatan pembelajaran menjadi tidak bermakna maka guru dituntut untuk meningkatkan kualitasnya. Guru disarankan perlu merubah pembelajaran yang ada misalnya dari pembelajaran ekspositori menjadi pembelajaran konstruktivis. Pembelajaran dengan metode ekspositori menyebabkan siswa lebih cenderung pasif. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis mampu mengatasi permasalahan yang dialami siswa SMA Negeri 8 Malang adalah menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode ekspositori pada pokok bahasan turunan pada kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2009/2010 dan sampelnya adalah 76 siswa terbagi menjadi dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive cluster sampling sehingga terpilih kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Kedua kelas diberikan postes dengan soal yang sama dalam bentuk uraian setelah diberi perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai postes rata-rata nilai postes kelas eksperimen yaitu 79 69 sedangkan rata-rata nilai postes kelas kontrol yaitu 71. Rata-rata nilai postes dari kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada metode pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item