Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan LKS terstriktur untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang / Rika Retnaning - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan LKS terstriktur untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang / Rika Retnaning

Retnaning, Rika (2010) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan LKS terstriktur untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang / Rika Retnaning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning Cycle 5 fase LKS terstruktur prestasi belajar siswa Siswa kelas XB2 SMA Negeri 2 Malang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Salah satu penyebabnya adalah karena pembelajaran matematika cenderung berorientasi pada guru. Padahal seharusnya dalam proses pembelajaran guru hanya berperan sebagai fasilitator saja sedangkan siswa berperan sebagai pebelajar aktif yang membangun pengetahuannya sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut pelaksanaan proses pembelajaran matematika diharapkan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Learning Cycle 5 fase berbantuan LKS terstruktur. Penggunaan LKS terstruktur dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada siswa untuk menemukan konsep berdasarkan pemahamannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan LKS terstruktur yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 2 Malang pada materi trigonometri yaitu aturan kosinus dan luas segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 2 Malang dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X B2 semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2010 dalam 2 tahap yaitu (1) tahap pra tindakan dan (2) tahap tindakan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan LKS terstruktur dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XB2 SMAN 2 Malang. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan LKS terstruktur yang dapat meningkatkan prestsi belajar siswa kelas X SMAN 2 Malang adalah (a) engagement yaitu siswa diberikan masalah awal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang mendorong siswa untuk mengungkapkan pengetahuan awal yang mereka miliki (b) exploration yaitu siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan masalah yang ada pada LKS terstruktur dan diberi arahan seperlunya untuk membantu siswa berpikir aktif menyelesaikan masalah yang ada pada LKS (c) explanation yaitu siswa melakukan presentasi di depan kelas memberikan tanggapan atau pertanyaan saat presentasi dan di akhir presentasi peneliti bersama siswa membuat kesimpulan (d) elaboration yaitu siswa mengerjakan latihan soal pada LKS terstruktur mulai dari soal yang mudah hingga soal yang sulit untuk menerapkan konsep yang telah diperoleh (e) evaluation yaitu siswa diberikan tugas kuis atau tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diperoleh. i Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mencapai nilai KKM yaitu nilai 75 yang terus meningkat (pada tes awal adalah 65 78% pada tindakan I adalah 78 94% pada tindakan II adalah 94 73%). Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori baik pada tindakan I dan sangat baik pada tindakan II dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori sangat baik pada tindakan I dan II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item View Item