Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada pokok bahasan logika matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Malang / Islami Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada pokok bahasan logika matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Malang / Islami Nurhayati

Nurhayati, Islami (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada pokok bahasan logika matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Malang / Islami Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model TGT Prestasi Belajar Siswa Berbagai pembaharuan telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu SDM salah satunya adalah dengan meningkatkan mutu Pendidikan Nasional. Sebagai akibatnya proses pembelajaran juga berubah. Saat ini banyak dikembangkan strategi pembelajaran alternatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMK Negeri 9 Malang menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran dan kondisi hasil belajar siswa belum mencapai Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM). Karena itu dalam penelitian ini akan dikaji pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 9 Malang pada bulan Mei sampai dengan Juni 2010 dalam 2 tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 9 Malang melalui beberapa tahapan yaitu penyajian kelas belajar kelompok kegiatan turnamen dan pemberian penghargaan kelompok. Selanjutnya dilakukan tes akhir tindakan hasil tes menunjukkkan terjadi peningkatan rata-rata nilai tes dan peningkatan ketuntasan belajar siswa (tes materi sebelumnya adalah 44% siklus I adalah 50% dan siklus II adalah 75%). Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I dan II dan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Baik pada siklus I sedangkan pada siklus II termasuk dalam kategori Sangat Baik . Berdasarkan hasil angket dan wawancara diperoleh bahwa siswa senang dan memberikan respon atau tanggapan yang positif terhadap pembelajaran kooperatif model TGT. Sehingga penerapan pembelajaran ini layak untuk dikembangkan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu peneliti menyarankan dalam rangka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa hendaknya guru dapat meningkatkan penguasaan pengelolaan kelas agar siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus bisa membangkitkan motivasi belajar siswa pada saat menyampaikan materi pelajaran dengan cara menggunakan model mengajar yang bervariasi menarik perhatian siswa dan melatih keaktifan siswa. Pembelajaran kooperatif model TGT dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item