Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Malang / Anna Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Malang / Anna Rohmawati

Rohmawati, Anna (2010) Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Malang / Anna Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Realistic Mathematics Education (RME) bangun ruang sisi datar hasil belajar. Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana guru dalam mengajar lebih menekankan pada siswa sebagai manusia yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang. Hal itu dengan adanya pengaitan matematika melalui soal cerita atau realita. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ini dapat mengembangkan kecakapan sosial dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Subyek dari penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIIIC SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran RME dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 10 Malang pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar subbab kubus dan balok. Pembelajaran RME pada materi bangun ruang sisi datar subbab kubus dan balok ini melalui 3 tahap (1) tahap awal siswa diberi informasi mengenai materi yang akan dipelajari yaitu bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dialami murid serta pembentukan kelompok (2) tahap inti siswa dikondisikan dengan pemberian masalah realistik kerja kelompok diskusi kelas dan perumusan matematika formal (3) tahap akhir siswa dikondisikan refleksi bersama dengan guru terhadap materi yang sudah dipelajari dan melakukan pemantapan materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) bahwa penerapan pembelajaran melalui RME dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 16 45 dari rata-rata skor tes siklus pertama yaitu 70 05 (dengan 55% siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum)) ke rata-rata skor tes siklus kedua yaitu 86 5 (dengan 87 5% siswa mencapai KKM). (2) Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran matematika melalui RME dapat digunakan sebagai suatu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item