Pembelajaran pecahan menggunakan media film animasi anteraktif berjudul Pizza pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri bertaraf internasional Tlogowaru / Septi Ariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran pecahan menggunakan media film animasi anteraktif berjudul Pizza pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri bertaraf internasional Tlogowaru / Septi Ariani

Ariani, Septi (2010) Pembelajaran pecahan menggunakan media film animasi anteraktif berjudul Pizza pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri bertaraf internasional Tlogowaru / Septi Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran pecahan film animasi interaktif Pizza hasil belajar persepsi siswa dan guru. Pecahan merupakan materi yang relatif sulit bagi siswa kelas III SD karena materi ini merupakan konsep abstrak yang baru mereka pelajari. Hal ini juga dirasakan oleh siswa SBI Tlogowaru. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk membantu siswa dalam mempelajari pecahan. Salah satu upaya telah dilakukan oleh mahasiswa pengembang media pembelajaran matematika dengan mengembangkan film animasi interaktif berjudul Pizza sebagai media pembelajaran pecahan. Namun media ini belum pernah diaplikasikan pada pembelajaran di kelas secara riil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran hasil belajar serta persepsi siswa dan guru pada pembelajaran pecahan menggunakan media film Pizza. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SBI Tlogowaru dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas IIIB. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi kegiatan siswa dan guru kuesioner persepsi guru pedoman wawancara siswa dan guru serta soal subjektif. Langkah pembelajaran yang dilakukan meliputi 3 tahap yaitu pendahuluan kegiatan inti dan penutup. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran telah terlaksana dengan baik dan mampu membuat siswa aktif serta antusias mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif rata-rata baik begitu juga dalam ranah afektif siswa mampu bekerja sama bertanggung jawab serta menaruh perhatian yang cukup pada pembelajaran. Persepsi siswa terhadap pembelajaran dan media pembelajaran positif begitu juga persepsi guru. Mereka menganggap bahwa kegiatan pembelajaran menarik dan dapat membuat siswa memahami pecahan dengan baik. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru diharapkan dapat memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran serta peneliti selanjutnya dapat meneliti efektivitas berbagai media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh pengembang media termasuk film animasi interaktif Pizza. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item