Penerapan pembelajaran geometri van hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberpucung / Dwita Tyasti Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran geometri van hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberpucung / Dwita Tyasti Asri

Asri, Dwita Tyasti (2010) Penerapan pembelajaran geometri van hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberpucung / Dwita Tyasti Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci geometri van Hiele Hasil Belajar Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Sumberpucung masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Indikasinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa di SMP ini yang kurang memuaskan. Faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah pembelajaran matematika yang kurang tepat sehingga dapat dikatakan proses kegiatan belajar siswa kurang berhasil. Selama ini guru hanya memberikan sifat sifatnya kemudian siswa diminta menghafal sehingga pemahaman siswa tentang sifat sifat segiempat masih kurang. Metode tersebut tidak memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran geometri van Hiele untuk melihat hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Sumberpucung pada materi sifat sifat jajarangenjang belah ketupat persegi panjang persegi trapesium dan layang layang serta menyusun definisi jajarangenjang belah ketupat persegi panjang persegi trapesium dan layang layang. Proses pelaksanaan pembelajaran geometri van Hiele ini dilaksanakan melalui 5 tahapan yaitu inkuiri/informasi (information) orientasi terbimbing (directed orientation) uraian (explication) orientasi bebas (free orientation) dan integrasi (integration). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan materi menemukan sifat sifat serta menyusun definisi jajarangenjang belah ketupat persegi panjang dan persegi adalah 81 25% sedangkan pada siklus 2 presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan menemukan sifat sifat serta menyusun definisi trapesium dan layang layang adalah 96 875%. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Negeri 2 Sumberpucung pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan geometri van Hiele dalam penelitian ini berhasil. Dalam penelitian ini pembelajaran geometri van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada tahap inkuiri/informasi (information) siswa dibimbing untuk mengingat kembali materi prasyarat dan siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang heterogen yang beranggotakan 5-6 siswa berdasarkan nilai tes awal. Pada tahap orientasi terbimbing (directed orientation) siswa berdiskusi dengan teman satu kelompoknya tentang LKS yang diberikan dan guru sebagai fasilitator. Kemudian pada tahap uraian (explication) siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang menjelaskan (presenter). Pada tahap orientasi bebas (free orientation) siswa diberi kesempatan mengerjakan latihan soal serta menyusun dan menguji definisi informal.Tahap yang terakhir adalah tahap ii integrasi (integration) siswa diberi kesempatan untuk menguji definisi informal serta meninjau kembali dan meringkas apa yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15354

Actions (login required)

View Item View Item