Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI-IA-6 SMAN 1 Pandaan / Puji Savvy Dian Faizati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI-IA-6 SMAN 1 Pandaan / Puji Savvy Dian Faizati

Faizati, Puji Savvy Dian (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI-IA-6 SMAN 1 Pandaan / Puji Savvy Dian Faizati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-Assisted Individualization) Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa SMAN 1 Pandaan sering mengalami kesulitan dalam mengajukan pertanyaan. Hal ini dikarenakan siswa malu untuk bertanya malas merasa canggung takut pertanyaan yang diajukan ditertawakan teman-temannya takut kepada guru tidak terbiasa bertanya dan tidak tahu apa yang harus ditanyakan. Guru juga belum pernah menggunakan variasi metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru dan apa yang diajarkan bersifat prosedural tanpa upaya membangkitkan kemauan siswa untuk bertanya selama pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan TAI untuk melihat aktivitas dan kemampuan bertanya siswa kelas XI-IA-6 SMAN 1 Pandaan pada materi Turunan Fungsi. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan pendahuluan pembentukan kelompok berdasarkan hasil tes awal selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar individu dan membimbing dalam belajar kooperatif kemudian diakhiri dengan mengkomunikasikan hasil dan tes keterampilan serta penutup. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan adalah 46.15% sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan adalah 76.92%. Berdasarkan persentase pertanyaan tertutup yang muncul selama pembelajaran pada siklus I adalah 52.64% dan pada siklus II adalah 85% sedangkan untuk pertanyaan terbuka pada siklus I adalah 47.36% dan pada siklus II adalah 15% dapat diketahui bahwa ada peningkatan banyaknya pertanyaan tertutup yang muncul hal ini berarti siswa sudah terbiasa berpikir konvergen atau menarik kesimpulan yang logis dari informasi yang diberikan. Siswa sudah mengalami proses penemuan kembali konsep-konsep materi yang dipelajari melalui pembelajaran kooperati tipe TAI. Siswa tidak lagi mendapat transfer ilmu namun menemukan sendiri pengetahuannya. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I skor rata-rata 67.17 dan skor rata- rata pada siklus II adalah 69.75. Dalam analisis skor rata-rata tersebut bahwa aktivitas siswa termasuk kategori sangat baik. Aktivitas guru selama pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I skor rata-rata 67.5 dan skor rata-rata pada siklus II adalah 68.5. Dalam analisis skor rata-rata tersebut bahwa aktivitas guru termasuk kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam penelitian ini berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item