Penerapan problem based learning (PBL) dengan setting kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sidayu kelas VIII / Lailatul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) dengan setting kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sidayu kelas VIII / Lailatul Mufidah

Mufidah, Lailatul (2010) Penerapan problem based learning (PBL) dengan setting kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sidayu kelas VIII / Lailatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Pembelajaran Kooperatif Prolem Based Learning (PBL) Hasil Belajar Dalam kegiatan pembelajaran di kelas aktivitas belajar siswa SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik masih kurang hanya beberapa siswa tertentu saja yang aktif ketika pembelajaran berlangsung. Siswa kurang tertarik dengan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru. Untuk mengatasi hal itu diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks belajar bagi siswa tentang cara berfikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah dengan melibatkan mereka pada situasi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sidayu kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik dengan subjek penelitian 26 siswa kelas VIII A SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik tahun 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil tes dimana banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus I 76 9% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan pengamatan sikap secara afektif banyak siswa yang mendapat nilai C pada siklus I ada 5 siswa dan 3 siswa pada siklus II. Selain itu respon positif juga ditunjukkan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learnig (PBL) dengan setting kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui langkah-langkah berikut (1) tahap kooperatif dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa (2) orientasi siswa pada masalah yaitu pemberian masalah-masalah yang bersifat kontekstual kepada siswa (3) pengorganisasian siswa untuk belajar mandiri berkelompok (4) membimbing penyelidikan secara berkelompok dengan menggunakan LKS untuk mengumpulkan informasi yang sesuai (5) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (6) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah yang digunakan oleh siswa (7) penghargaan kelompok dan (8) refleksi. Penerapan Problem Based Learning menunjukkan hasil yang positif yaitu dari aktivitas siswa yang tergolong sangat baik dan hasil belajar siswa yang megalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item