Paranti, Ria Dian (2010) Penerapan pembelajaran matematika melalui model reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pakisaji Malang / Ria Dian Paranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran Reciprocal Teaching hasil belajar Paradigma pendidikan saat ini mengalami perubahan.Salah satu akibatnya proses pembelajaran juga berubah. Proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa di mana siswa terlibat langsung untuk menggali pengetahuan baru. Untuk itudiperlukan suatu variasi model pembelajaran yang sesuai agar siswa merasa nyaman untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada saat wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 1 Pakisaji Malang pembelajaran untuk pokok bahasan bangun ruang sisi datar menggunakan metode ceramah.Siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi dan ketika dilakukan evaluasi banyak siswa yang tidak berhasil mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa yang mendapatkan nilai ulangan matematika nilai diatas 70 hanya 46 7%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas SMP Negeri 1 Pakisaji Malang pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Dalam model pembelajaran Reciprocal Teaching diterapkan empat strategi pemahamanya itu memprediksi mengklarifikasi menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya dan merangkum bahan ajar. Pada kegiatan akhir guru mengevaluasi pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari melalui tes tertulis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini didukung dengan hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai minimal 70 adalah 90%. Padahal pada saat ulangan dengan metode ceramah siswa yang mendapat nilai minimal 70 hanya 46 7%. Hal ini berarti hasil belajar siswa meningkat sebesar43 3%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15349 |
Actions (login required)
View Item |