Penerapan pembelajaran kooperatif tipe yhink pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A MAN Lamongan pada pokok bahasan trogonometri / Arif Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe yhink pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A MAN Lamongan pada pokok bahasan trogonometri / Arif Purwanto

Purwanto, Arif (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe yhink pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A MAN Lamongan pada pokok bahasan trogonometri / Arif Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Think Pair Share Hasil Belajar Trigonometri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa masih rendah dan proses pembelajaran matematika masih terpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 70. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberikan siswa waktu lebih banyak untuk berpikir menjawab dan saling membantu sama lain. Saat pertanyaan diajukan ke seluruh siswa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum dilaporkan kepada kelompoknya. Adapun tahap-tahap dalam pembelajaran tipe TPS adalah (1) tahap think siswa berpikir secara individu untuk mengerjakan LKS (2) tahap pair siswa bersama pasangannya mendiskusikan masalah dalam LKS (3) tahap share siswa bersama pasangannya mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A MAN Lamongan pada pokok bahasan trigonometri. Dari hasil penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A MAN Lamongan dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 18 18% dari siklus I yaitu 72 73% ke siklus II yaitu 90 91% sedangkan peningkatan rerata kelas sebesar 1 02 dari rerata kelas siklus I yaitu 72 ke rerata kelas siklus II yaitu 73 02. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15348

Actions (login required)

View Item View Item