Pembelajaran model problem based instruction (PBI) pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Lawang / Ni Luh Sakinah Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran model problem based instruction (PBI) pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Lawang / Ni Luh Sakinah Nuraini

Nuraini, Ni Luh Sakinah (2010) Pembelajaran model problem based instruction (PBI) pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Lawang / Ni Luh Sakinah Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Instruction (PBI) Trigonometri Hasil Belajar Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Lawang selama menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diketahui bahwa kegiatan belajar di kelas masih berpusat pada guru serta kurang adanya variasi metode pembelajaran. Lebih lanjut hasil wawancara peneliti dengan guru kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang menyebutkan bahwa dalam menyampaikan materi trigonometri beliau hanya menjelaskan trigonometri menggunakan tanda-tanda simbolik dan hal tersebut ternyata tidak mudah dipahami siswa dan mengakibatkan siswa hanya sekedar menerima dan cenderung menghafal materi. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang materi yang sedang mereka pelajari. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi hal tersebut adalah Problem Based Instruction (PBI). Dalam PBI pembelajaran berpusat pada siswa dan pemahaman konsep diperoleh melalui upaya menjawab pertanyaan yang muncul dari permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menghasilkan suatu rancangan pembelajaran pokok bahasan trigonometri dengan pembelajaran model PBI dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang pada pokok bahasan trigonometri menggunakan pembelajaran model PBI. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2010 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang. Pembelajaran trigonometri menggunakan model PBI dalam penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan (tahapan) utama yaitu (1) kegiatan awal meliputi guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi trigonometri guru memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari guru memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya materi trigonometri melalui pemberian masalah sehari-hari yang sesuai dengan materi (tahap orientasi pada masalah) (2) kegiatan inti meliputi kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang heterogen guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi trigonometri guru mengarahkan siswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan siswa mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah (tahap mengorganisasikan siswa untuk belajar) siswa berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada di LKS dengan anggota kelompoknya masing-masing guru membimbing dan memberikan bantuan kepada siswa atau kelompok yang menemui kesulitan (tahap membimbing penyelidikan individual maupun kelompok.) beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas kelompok lain memberi tanggapan dan membandingkan jawaban kelompoknya dengan jawaban kelompok penyaji (tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya) dan (3) kegiatan akhir meliputi memberikan evaluasi terhadap jawaban siswa dan berdiskusi dengan siswa mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang telah dilakukan (tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri menggunakan pembelajaran model PBI adalah baik. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai tes yaitu 82 03 dan hasil lembar observasi aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini PBI layak dipertimbangkan sebagai alternatif pembelajaran matematika pada pokok bahasan trigonometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item