Pengembangan modul dengan pendekatan investigasi sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa SMP kelas IX / Dwi Oktaviana Jamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dengan pendekatan investigasi sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa SMP kelas IX / Dwi Oktaviana Jamil

Jamil, Dwi Oktaviana (2010) Pengembangan modul dengan pendekatan investigasi sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa SMP kelas IX / Dwi Oktaviana Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul pendekatan investigasi peluang. Berdasarkan kenyataan di lapangan belum ada suatu data atau fakta yang dapat dijadikan bukti bahwa hasil pembelajaran matematika di Indonesia sudah berhasil dengan baik. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil pembelajaran matematika di Indonesia adalah rendahnya kualitas pembelajaran yang diselenggarakan guru di sekolah. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang dipilih guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang dirumuskan yang bermuara pada kurang efektifnya pembelajaran yang dikembangkan di kelas. Dari kenyataan ini penulis terdorong untuk mengembangkan modul sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika agar siswa lebih senang mempelajari matematika. Modul yang dikembangkan menggunakan pendekatan investigasi yaitu suatu pendekatan yang menuntun siswa untuk belajar membangun pemahamannya tentang suatu konsep materi yang akan dipelajari berdasarkan permasalahan awal yang diberikan oleh guru. Dengan demikian konsep yang telah mereka pelajari akan lebih melekat pada ingatan mereka dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan hanya menerima dari gurunya. Dalam pembelajaran ini guru hanya berfungsi sebagai pembimbing. Adapun unsur-unsur modul ini terdiri dari halaman sampul petunjuk untuk guru petunjuk untuk siswa daftar isi standar kompetensi dan kompetensi dasar idikator dan tujuan pembelajaran tes kemampuan awal lembar motivasi lembar kegiatan siswa lembar kerja siswa kunci jawaban lembar kerja siswa lembar evaluasi kunci jawaban lembar evaluasi lembar soal remidi kunci jawaban soal remidi lembar penilaian diri pengayaan penutup daftar pustaka dan lembar pembatas. Sebelum diujicobakan kepada siswa modul divalidasi terlebih dahulu oleh 2 dosen matematika 2 guru dan 2 teman sejawat. Setelah itu modul diujicobakan kepada 5 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi isi (validasi content) penilaian terhadap modul yang meliputi aspek kelayakan isi pendekatan investigasi kebahasaan dan kegrafisan dapat disimpulkan valid. Modul perlu direvisi pada kesalahan ketik pemilihan warna dan jenis font serta memperbanyak contoh soal. Sementara dari hasil uji coba kelompok kecil (validasi empirik) dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterima oleh siswa dan layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang. Adapun saran pemanfaatan modul ini adalah digunakan di sekolah sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan modul pada materi yang lain dan mengujicobakan hasil pengembangan pada kelas kecil sedang dan besar dengan siswa yang heterogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item