Analisis proyeksi penduduk terhadap kebutuhan pangan di kabupaten probolinggo tahun 2020-2045 / Septi Nuriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proyeksi penduduk terhadap kebutuhan pangan di kabupaten probolinggo tahun 2020-2045 / Septi Nuriliana

Nuriliana, Septi Nuriliana (2021) Analisis proyeksi penduduk terhadap kebutuhan pangan di kabupaten probolinggo tahun 2020-2045 / Septi Nuriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah penduduk yang semakin bertambah dapat menimbulkan permasalahan seperti menurunnya kebutuhan pangan yang tidak diimbangi dengan pertambhan produksi. Kabupaten Probolinggo adalah kabupaten yang menunjukan permasalahan tersebut. Dalam kurun lima tahun terakhir penduduk Kabupaten Probolinggo selalu mengalami peningkatan yang diimbangi dengan naiknya kebutuhan beras sedangkan produksi beras mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Proyeksi Penduduk Terhadap Kebutuhan Pangan di Kabupaten Probolinggo Tahun 2020-2045 Metode penelitian menggunakan analisis menggunakan data sekunder dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Analisis data menggunakan aplikasi softeware spectrum modul Demographic Projection dan RAPID. Hasil peneilitian ini menunjukan bahwa Jumlah dan Komposisi penduduk tahun 2020-2045 di Kabupaten Probolinggo berdasarkan proyeksi selalu mengalami perubahan sedangkan produksi beras tahun 2020-2045 di Kabupaten Probolinggo berdasarkan hasil proyeksi selalu mengalami penurunan. Kebutuhan Beras tahun 2020-2045 berdasarkan hasil proyeksi mengalami peningkatan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Rasio Produksi dan Kebutuhan Beras tahun 2020-2045 di Kabupaten Probolinggo masih tercukupi rasio produksi beras dengan kebutuhan beras mengalami surplus dari tahun pertama hingga akhir dengan jumlah surplus yang semakin menurun. Pada tahun 2045 produksi dan kebutuhan beras tetap mengalami surplus hanya saja selalu menurun. Dari hasil penelitian saran yang dapat diberikan antara lain masyarakat Kabupaten Probolinggo sebaiknya lebih memperluas lahan sawah untuk tanaman padi dan mengurangi masalah tentang lahan sawah yang beralih fungsi. Perlunya perhatian pemerintah agar masyarakat Kabupaten Probolinggo mendapat bimbingan atau penyuluhan tentang pengembangan bibit unggul padi untuk menghasilkan produksi padi yang lebih baik. Masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat menjadikan bahan pokok lain seperti jagung dan umbi-umbian sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153378

Actions (login required)

View Item View Item