Penerapan pembelajaran berbasis teori Bruner materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi pada siswa kelas III SD Negeri Kaumrejo 01 Ngantang / Nina Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis teori Bruner materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi pada siswa kelas III SD Negeri Kaumrejo 01 Ngantang / Nina Wijayanti

Wijayanti, Nina (2010) Penerapan pembelajaran berbasis teori Bruner materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi pada siswa kelas III SD Negeri Kaumrejo 01 Ngantang / Nina Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teori Bruner keliling luas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika kelas III SD Negeri Kaumrejo 01 Ngantang selama ini masih cenderung bersifat konvensional. Pembelajaran disajikan dengan cara guru menjelaskan materi memberikan latihan soal membahas bersama latihan soal dan pemberian tugas rumah. Dalam menjelaskan materi memang guru telah memakai alat peraga untuk mendukung pembelajaran namun pemakaian ini masih terpusat pada guru. Maksudnya guru yang memanipulatif alat peraga siswa sebagai pengamat. Akibatnya siswa kurang memahami materi diantaranya materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Oleh sebab itu disusun suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat pemahaman intelektual siswa. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran yang berbasis teori Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun langkah-langkah pembelajaran yang berbasis teori Bruner pada materi keliling dan luas untuk persegi panjang dan persegi dan (2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran yang berbasis teori Bruner pada materi keliling dan luas untuk persegi panjang dan persegi pada siswa kelas III SD Negeri Kaumrejo 01 Ngantang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri Kaumrejo 1 Ngantang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan wawancara catatan lapangan dan tes yang berupa kuis yang dilaksanakan setiap akhir pembelajaran. Pembelajaran berbasis teori Bruner pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu Tahap enaktif ikonik dan simbolik. Hasil yang diperoleh selama melakukan penelitian adalah siswa dapat menguasi materi dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa semakin aktif terlibat dalam setiap tahapan pelaksanaan pembelajaran. Hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa keberhasilan aktivitas siswa tergolong sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15336

Actions (login required)

View Item View Item