Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Malang melalui pembelajaran problem posing - NHT / Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Malang melalui pembelajaran problem posing - NHT / Fitriana

Fitriana (2010) Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Malang melalui pembelajaran problem posing - NHT / Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem posing NHT motivasi hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 5 Malang diketahui bahwa motivasi belajar matematika siswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa tidak memperhatikan penjelasan guru berbicara di luar materi pelajaran dan berbuat gaduh. Selain itu diperoleh data bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi sebelumnya tergolong rendah karena hanya 2 8 % dari 36 siswa yang tuntas belajar. Untuk itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mampu mengkonstruksi pengetahuannya. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa adalah pembelajaran NHT dengan pendekatan problem posing yaitu pembelajaran problem posing NHT. Pada pembelajaran ini siswa dibagi ke dalam kelompok kecil secara heterogen dengan pemberian nomor pada masing-masing angotanya kemudian guru membagikan lembar kerja siswa untuk didiskusikan secara kelompok guru memanggil nomor siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya di depan kelas setelah itu guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun soal sekaligus menyelesaikannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2010. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Malang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Malang. Persentase rata-rata motivasi siswa pada siklus I adalah 54 6 % dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 78 4 % dengan kategori baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar matematika siswa pada siklus I adalah 44 4 % dan meningkat pada siklus II menjadi 85 7 % sehingga siswa kelas XI IPA 5 dapat dikatakan tuntas belajar secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item